Analisis Pelaksanaan Praktikum Materi Organisasi Kehidupan dan Permasalahannya SMP Se-Kecamatan Kedamaian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan dan permasalahan praktikum materi organisasi kehidupan di SMP kelas VII se-Kecamatan Kedamaian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari angket, wawancara, dan observasi, yang dianalisis secara deskriptif menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan berkriteria sangat baik, dengan rata-rata persentase tahapan pelaksanaan praktikum dan penyusunan LKS praktikum berkriteria baik. Permasalahan yang terjadi selama pelaksanaan praktikum adalah keterbatasaan jumlah mikroskop cahaya, jumlah preparat awetan sel hewan dan tumbuhan, kemampuan psikomotorik siswa dalam pembuatan preparat basah sel tumbuhan, serta kurang menariknya LKS praktikum yang disusun oleh guru. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan se-Kecamatan Kedamaian memiliki kriteria sangat baik.Terdapat permasalahan praktikum yaitu keterbatasan alat-alat praktikum.
Kata kunci: guru IPA, LKS-praktikum, organisasi kehidupan, pelaksanaan praktikum, permasalahan praktikumFull Text:
PDFReferences
BSNP. 2006. Standar Proses untuk Satuan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Denisa. 2012. Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Media Torso pada Mata Pelajaran Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Krangkeng. Skripsi. Cirebon: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.
Emzir. 2011. Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Hidayati, N. 2012. Penerapan Metode Praktikum dalam Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMK Diponegoro Banyuputih Batang. Skripsi. Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
Ihejiamaizu dan I. O. Ochui. 2016. Utilization of Biology Laboratory Equipment and Students Academic in Cross River State, Nigeria. British Journal of Education 4(9): 63-71. (Online), (http:// www .eajournals.org/ wpcontent/uploads/Utilization-of-biology-laboratory-equipment-and-students-academic-performance-in-cross-river-state-Nigeria-1.pdf), diakses 26 Oktober 2016.
Jonathan, S. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Jumaini, S. 2013. Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Psikomotorik pada Praktikum Kimia SMA/ MA Kelas XI Materi Pokok Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi Berdasarkan Standar Isi 2006. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Munandar, K. 2016. Pengenalan Laboratorium IPA Sekolah. Bandung: PT Refika Aditama.
Nazir, M. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Ilmu.
Paramita, A. 2016. Profil Laboratorium dan Pelaksanaan Praktikum di SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Permendikbud. 2013. Standar Pelayanan Minimal Dasar di Kabupaten/Kota. Jakarta: Kementrian dan Kebudayaan.
Ruparanganda, Rwodzi, dan Mukundu. 2013. Project Approach as an Alternative to Regular Laboratory Practical Work in the Teaching and learning of Biology in Rural Secondary Schools in Zimbabwe. International Journal of Education and Information Studies 3(3): 13-20. (Online), (https://www.ripublication.com /ijeisv1n1/ijeisv3n1_03. pdf.), diakses 26 Oktober 2016.
Sukarno, Permanasari, dan Hamidah. 2013. The Profile of Science Process Skill (SPS) Studentat Secondary High School (Case Study in Jambi). International Journal of Scientific Engineering and Research (IJSER) 1(1): 79-83. (Online) , (http:// www. ijser. in/ archives/v1i1/ MDExM zA5 MTg=.pdf), diakses 29 Ok-tober 2016.
Tesch, M. dan R. Duit. 2014. Experimentieren im Physik-unterricht - Ergebnisse einer Videostudie.10:7-28. (Online) , (http://ftp.rz.unikiel .de/pub /ipn/3.TeschDuit_051-070. pdf), diakses 29 Oktober 2016.
Trianto. 2010. Mendesain Model Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Trisnayanti, L. E. Sukarsih, dan Y. Hamdiyati. 2009. Materi Tingkat Organisasi Kehidupan Melalui Kegiatan Praktikum di SMP Negeri 2 Paseh Kabupaten Sumedang (Pengalaman Lesson Study di Wilayah Paseh). (Online), (http://file.upi.edu/ Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/ 196611031991012-YANTI_HAMDIYA-TI/makalah_semnas. leni.YANTI_H.pdf.), diakses 26 Oktober 2016.
Uno, H. B. dan S. Koni. 2014. Assessment . Jakarta: Bumi Aksara.
Ural, E. 2016. The Effect of Guided Inquiry Laboratory Experiments on Science Education Students Chemistry Laboratory Attitudes, Anxiety, and Achievement. Journal of Education and Training Studies 4(4): 217-226. (Online), (http ://redfame.com/journal/ in-dex.php/jets/article/view/1395), diakses 26 Oktober 2016.
Wisudawati, A. W. dan E. Sulistyowati. 2015. Metodologi IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.