ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN SE-KECAMATAN KEDATON
Abstract
The aim of this research was to analyze the problems which arise in implementation of practical work of living organization materials in Kedaton region. The samples of this research were science teachers who conduct the practical work of living organization materials. The samples were taken by using purposive sampling technique. Research data were qualitative data which were taken from questionnaire, interview, photo, research observation sheets, and practical work implementation steps, such as students practical work sheet and biodata science teachers.This research was analyzed descriptively by using Miles and Huberman models. The result of the research showed that implementation practical work of living organization materials which was done by teachers and students had very good criteria. The step of implementation practical work sheet had good criteria.Thus, it can be concluded that the implementation of practical work of living organization materials had very good criteria, and the problem which occured in implementation of practical work was the limit of practical work instruments such as microscope.
Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan dan permasalahan yang terjadi dalam praktikum materi organisasi kehidupan di SMP kelas VII se-Kecamatan Kedaton.Sampel penelitian adalah guru IPA yang melakukan praktikum materi organisasi kehidupan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif yang diperoleh dari angket, wawancara, foto, lembar observasi permasalahan dan tahapan pelaksanaan praktikum, perangkat pembelajaran seperti LKS praktikum dan biodata guru IPA. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan model Miles dan Huberman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan yang dilakukan oleh guru dan siswa memiliki kriteria sangatbaik. Tahapan pelaksanaan praktikum memiliki kriteriabaik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan memiliki kriteria sangat baik dan permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan praktikum yaitu keterbatasan alat praktikum seperti mikroskop.
Kata kunci: organisasi kehidupan, pelaksanaan praktikum, permasalahan praktikum
Full Text:
PDFReferences
Atnur, W.N., Lufri, dan R. Sumarmin. 2014. Analisis Pelaksanaan Praktikum IPA Biologi Kelas VIII di SMP Negeri se-Kecamatan Lubuk Begalung Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan. 3 (2): 1-6 (Online), (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/kolaboratif/article/view/5037/3988), diakses 10 Oktober 2016.
Kholid, Setiawan dan Fitrijaya. 2011. Metode Kegiatan Praktikum Untuk Meningkatkan Suatu Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Multimedia Di SMK (Studi Kasus Siswa Kelas X di SMK Negeri 11 Cimahi). Bandung: UPI.
Litasari, K. N., N. Setiati, dan L, Herlina. 2014. Profil Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri se-Kabupaten Semarang. Unnes Journal of Biology Education 3(1), (Online), (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe), diakses 10 Oktober 2016.
Nurhidayah, R., D. Irwandi, dan N. Saridewi. 2015. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Jurnal Pendidikan . (Online), 7 (1), (http://journal.uinjkt. ac.id/index.php/edu-sains), diakses 15 Maret 2017.
Pattashiki, V., dan L. Hakim. 2014. Pengembangan (LKS) Lembar Kegiatan Siswa dalam Menunjang Kegiatan Belajar di Kurikulum 2013 Materi Jurnal Khusus. Jurnal Penelitian Pendidikan. 14 (1), (Online), (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17056/1031), diakses 15 Maret 2017.
Permendikbud. 2013. Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar Di Kabupaten/Kota. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sapriati, A. 2008. Pengembangan Instrumen Hasil Penilaian Pelaksanaan kegiatan Praktikum Materi Fotosintesis. Jurnal Pendidikan. 7(1). (Online). (http://ejournal.Undip.ac.id), diakses 22 Oktober 2016.
Subiantoro, A. 2010. Pentingnya Kegiatan Praktikum dalam Pembelajaran IPA. Yogyakarta: UNY.
Sulistyorini, S. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP.Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Suyono dan Harianto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Surabaya: Rosda.
Syaiful, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Widodo, A. dan Ramdhaningsih, V. 2007.Analisis Kegiatan Praktikum Biologi dengan Menggunakan Video. Jurnal pendidikan. Metalogika. 9(2), (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/196705271992031ARI_WIDODO/2006Analisis_ kegiatan_praktikum), diakses 23 November 2016.
Wisudawati, A. dan E. Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.