Miskonsepsi Materi Substansi Genetika Siswa SMA Swasta Se-Kecamatan Tanjungkarang Barat Bandar Lampung

Ajeng Safitri, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


This study aimed to describethe students misconceptions and factors that affected misconception. Samples were 30 students that were selected by using saturated sampling technique. This study design was simple descriptive. Data were obtained from students and teachers, written test of identification misconception and questionnaire. Data were analysed using CRI methods ad misconceptions factors that were analyzed usig percentage formula and Pearson Product Moment Correlation test. The result showed that there were miscoception on studets percentage Misconception of 28,13%. Studets who have the highest miscoception on the chromosome was 38,33%.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa dan faktor yang mempengaruhi miskonsepsi. Sampel penelitian adalah siswa SMA kelas XII IPA Se-Kecamatan Tanjungkarang Barat Bandar Lampung berjumlah 30 siswa yang dipilih menggunakan teknik Sampling Jenuh. Desain penelitian ini adalah deskriftif sederhana. Data diperoleh dari soal tes tertulis identifikasi miskonsepsi dan pemberian angket siswa dan guru. Analisis data miskonsepsi menggunakan metode CRI dan faktor-faktor yang mempengaruhi miskonsepsi dianalisis menggunakan rumus persentase serta uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi miskonsepsi siswa sebesar 28,13%. Siswa yang mengalami miskonsepsi paling tinggi pada konsep kromosom sebesar 38,33%.

Kata kunci: Certainty of Response Index (CRI), miskonsepsi, substansi genetika



Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2013. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung : Angkasa

Aloysius, D. C. 2008. Bahan Ajar Genetika Makalah untuk Kuliah Program S2 Biologi. Malang

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Chumaidach, R. 2013. Jurnal Pen-didikan Organisasi Konsep Genetika. Pada Buku Biologi SMA Kelas XII. Jurnal EduBio Tropika. 1 (1): 1-15 (Online), (Https://Edu Bio Pendidikan Kita.co.id. diakses 26 Januari 2016. 09-00 WIB).

Haambokoma. C, 2007. Journal of International Development and Cooperation. Nature and Causes of Learning Difficulties in Genetics at High School Level in Zambia. Jurnal bioedu 4 (13): 1-9 (Online), (Http://www. Certainty jurnal education.net), diakses 10 Januari 2016 14.00 WIB).

Hakim, A. Liliasari, dan A. Kadarohman. 2012. Student Concept Understanding of Natural Products. Chemistry in Primary and Secondary Metabolies Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. 1 (4): 1-8 (Online), (Http://www.International Online Journal of Education, diakses 20 Maret 2016 09.00 WIB).

Idha, C. 2009. Meningkatkan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Biologi Melalui Perfomance Assessment. Jurnal Pendidikan Inovatif 3 (02): 69-73. (Online), (Http://Jurnal Pendidikan Inovatif, diakses 05 mei 2017 19.00 WIB).

Manalu, K. 2012. Identifikasi Pembelajaran Konsep Upaya Mengatasi Miskonsepsi Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan 2 (6): 1-13. (Online), (Http://Jurnal Nasional Pendidikan, diakses 7 November 2015 07.00 WIB).

Maulidi, A. 2014. Deskripsi Konsepsi Siswa pada Materi Hereditas di MAN. Artikel Penelitian. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Mustika, A., Yusminah., H dan Andi, F. 2014. Identifikasi Mis-konsepsi pada Konsep Ge-netika dengan Metode CRI. Jur-nal Sainsmat. 1 (3): 1-129. (Online), (http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat, diakses 8 Januari 2016 09.00 WIB).

Nusantari, E. 2013. Jurnal Pendidikan Sains Jenis Miskonsepsi Genetika yang ditemukan pada Buku Ajar di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Nasional. 1 (1): 1-8. (Online), (Http://BioEdu misconception, diakses 6 Januari 2016 08.00 WIB).

Paramitha. 2013. Buku Pedoman Guru Biologi Edisi ke-4. National Science Teachers Association. Terjemahan The Biology Teachers Handbook 4th Edition. Jakarta : PT. Indeks

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Suhermin. 2014. Profil Media Slide Interaktif Berbasis MS Power Point. Pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kleas XII.. 1 (1): 1-21. (Online), (Http://kitabelajargenetik.co.id, diakses 8 April 2016 12.00 WIB).

Suhermiati, I. 2015. Stdents Misconception Protein Synthesis Subject Material Based On Biology Student Learning Result. Jurnal Sainsmat. 4 (3): 5. (Online), (http://-ojs.-unm.ac.-id/index.php/sainsmat, diakses 9 september 2016 02.00 WIB).

Suparno, P. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika, Jakarta : PT. Grasindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.