Analisis Pelaksanaan Praktikum dan Permasalahannya pada Materi Organisasi Kehidupan di Kelas VII

Galuh Ayu Mungkashi, Berti Yolida, Arwin Achmad

Abstract


This study aimed to analyze the implementation and problems on the life organization subject practicum of junior high schools grade VII students in Labuhan Ratu. The sample selection used purposive sampling technique. The design used is exploratory research design. Research data were obtained from questionnaires, interviews, and observations, then the data were analyzed descriptively using Miles and Huberman model. The researchs result showed that the implementation of life organization subject practicum has good criteria, with percentage average of practicum phases which have good criteria, and average of worksheet practicum which has good enough criteria. The problems encountered during the practicum exercise are the limited number of light microscopes, preserved animal and plant cells specimens, and students practicum worksheets prepared by the teacher only have good enough criteria. Thus, it can be concluded that the implementation of life organization subject practicum in Labuhan Ratu has good criteria, although there are some problems in the implementation.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan dan permasalahan praktikum materi organisasi kehidupan di SMP kelas VII se-Kecamatan Labuhan Ratu. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah desain riset eksploratori. Data penelitian diperoleh dari angket, wawancara, dan observasi, kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan berkriteria baik, dengan rata-rata persentase tahapan pelaksanaan praktikum berkriteria baik, serta rata-rata penyusunan LKS praktikum berkriteria cukup baik. Permasalahan yang ditemui saat pelaksanaan praktikum adalah keterbatasan jumlah mikroskop cahaya, keterbatasan jumlah preparat awetan sel hewan dan tumbuhan, serta LKS praktikum yang disusun oleh guru hanya bekriteria cukup baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan se-Kecamatan Labuhan Ratu memiliki kriteria baik, walaupun terdapat beberapa permasalahan di dalam pelaksanaannya.

Kata kunci: organisasi kehidupan, pelaksanaan praktikum, permasalahan praktikum

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2015. Guru Sains Sebagai Inovator (Merancang Pembelajaran Sain Inovatif Berbasis Riset). Yogyakarta: Media Akademi.

Aldilla, S. B., P. Marianingsih, dan L. Nulhakim. 2016. Profil Kecakapan Akademik Siswa Melalui Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Konsep Sistem Pernapasan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA 2(1): 1-17. (Online),(https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/download/444/pdf, diakses tanggal 28 Oktober 2016).

Depdiknas. 2007. Konsep Pengembangan Model Integrasi Kurikulum Pendidikan Kecakapan Hidup. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Emzir. 2011. Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Hasruddin dan S. Rezeqi. 2012. Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Permasalahannya di SMA Negeri Se-Kabupaten Karo. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED 9(1): 17-32. (Online), (e-journal.upp.ac.id/index.php/fkipbiologi/article/view/320/325, diakses tanggal 21 Oktober 2016).

Jonathan, S. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Litasari, K. N., N. Setiati, dan L. Herlina. 2014. Profil Pembe-lajaran Biologi Berbasis Praktikum dan Implikasinya Ter-hadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri se-Kabupaten Semarang. Unnes Journal of Biology Education 3(1): 172-179. (Online), (https://de.scribd.com/document/332598343/4457-1-9153-2-10-20160325, diakses tanggal 27 Oktober 2016).

Miller, C. W., J. Hamel, K. D. Holmes, W. L. Helmey Hartman, dan D. Lopatto. 2013. Extending Your Research Team: Learning Benefits When a Laboratory Partners with A Classroom. BioScience 63: 754-762. (Online), (bioscience.oxford journals.org/content/63/9/754.full, diakses tanggal 26 Oktober 2016).

Munandar, K. 2016. Pengenalan Laboratorium IPA-Biologi Sekolah. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Ilmu.

Paramita, A. 2016. Profil Laboratorium dan Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Parkes, K. A. 2010. Performance Assessment: Lessons from Performers. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education 22(1): 98-106.(Online), (www. isetl.org/ijtlhe/, diakses tanggal 27 Oktober 2016).

Permendikbud. 2013. Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/ Kota. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tesch, M. dan R. Duit. 2004. Experimentieren im Physikunterricht - Ergebnisse einer Videostudie. 10:7-28. (Online), (ftp://ftp.rz.unikiel.de/pub/ipn/.../3.TeschDuit_051-070.pdf, diakses tanggal 29 Oktober 2016).

Ural, E. 2016. The Effect of Guided Inquiry Laboratory Experiments on Science Education Students Chemistry Laboratory Attitudes, Anxiety, and Achievement. Journal of Education and Training Studies 4(4): 217-226. (Online), (redfa me.com/journal/index.php/jets/article/view/1395,diakses tanggal 26 Oktober 2016).

Wisudawati, A. W. dan E. Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.