PROFIL KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMAN 1 BANDAR LAMPUNG
Abstract
The researchs purpose was to find out students questioning skills in biology subject. It was a descriptive research with sample of X IPA 1, X IPA 2, X IPA3 XI IPA 3, XI IPA 4, and XI IPA 5 that were took from random sampling method. Qualitative data contains of students questioning skills and questions quality. All data for research was collected from observation using observation sheet and documentary video of class activity. The results showed that the students questioning skills category was medium (68.64%) with question quantity category was low(33.93%) and questioning procedures was high (77.32%). The questions dominated by low level question cognitive (79.54%). Female students was able to propose questions up to analyzing level (C4) whereas male students was able to propose questions up to construct level (C6).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan bertanya siswa dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, XI IPA 3, XI IPA 4, XI IPA 5 yang dipilih dengan teknik random sampling. Data kualitatif berupa keterampilan bertanya dan kualitas pertanyaan siswa. Data mengenai keterampilan bertanya siswa dan kualitas pertanyaan siswa diperoleh dari kegiatan observasi menggunakan lembar observasi dan dokumentasi proses pembelajaran dalam bentuk video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bertanya siswa berkategori sedang (68,64%) dengan kuantitas pertanyaan yang berkategori rendah (33,93%) dan tata cara bertanya yang berkategori tinggi (77,32%). Kualitas Pertanyaan didominasi oleh pertanyaan tingkat kognitif rendah (79,54%). Siswa perempuan dapat mengajukan pertanyaan sampai dengan tingkat menganalisis (C4) sedangkan siswa laki-laki mampu mengajukan pertanyaan sampai dengan tingkat mencipta (C6).
Kata kunci: keterampilan bertanya, kualitas pertanyaan, taksonomi Bloom revisi
Full Text:
PDFReferences
Agustina, P., Lisdiana, dan Marianti, A. 2015. Problem Posing Card (Ppc): Meningkatkan Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Siswa. Bio-pedagogi. 4.(3): 282-289. (Online), (https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/download/5426/4822, diakses 23 Maret 2017).
Atmadi, A. dan Setiyaningsih, Y. 2008. Transformasi Pendidikan Memasuki Milenium Ketiga. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Bunyamin, H.S., dan Faujiah, D. 2014. Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS di SDN Rajagaluh Kidul Kec. Rajagaluh Kab. Majalengka. Al-Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. 1(2): 11-21. (Online), (http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/349, diakses 23 Maret 2017).
Dahar, R. W. 2011. Teori-Teori Belajar. Bandung: Erlangga.
Deden. 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015. (Online). (http://eprints.uny.ac.id/21691/, diakses 23 Maret 2017).
Handayani, S. 2014. Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru IPS Sekolah Dasar Melalui Penerapan Keterampilan Mengajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar. 2(1): 1-15. (Online), (http://pgsd.fkip.Unej.ac.id/wcontent/uploads/sites/5/.../Artikel-JIPSD-Vol-2-No-1-1.pdf, diakses 1 April 2017)
Hanifah, H. 2014. Hubungan Antara Kualitas Pertanyaan Siswa Berdasarkan Taksonomi Bloom dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik. 3(1): 1-12. (Online). (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/7494, diakses 23 Maret 2017).
Harsanto, R. 2007. Pengelolaan kelas yang dinamis. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Mursiti, S. 2007. Pembelajaran dengan Penyajian Peta Konsep Sebagai Alternatif Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Biosintesis Al-kaloid Pada Mata Kuliah Kimia Organik Bahan Alam Di FMIPA Universitas Negeri Malang. Jurnal Pembelajaran Kimia. 4 (2): 1-11. (Online). (http://www.e-journal.um.ac.Id/, di-akses 10 Januari 2016).
Oktarina, N. 2011. Peranan Pen-didikan Global dalam Me-ningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Dinamika Pendidikan. (Online). (https//doaj.org/article/63f91f6bdfa844789b46cd1898c55019, diakses 2 April 2017)
Rokhman, F. 2013. Harapan Besar Implementasi Kurikulum 2013. (Online). (http://kemdikbud.go.id, diakses 24 November 2015).
Royani, M, dan Muslim, B. 2014. Keterampilan Bertanya Siswa SMP Melalui Strategi Pem-belajaran Aktif Tipe Team Quiz Pada Materi Segi Empat. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika. 2 (1): 22-28. (Online)(http://ppjp.unlam.ac.id/, diakses 30 Januari 2016).
Rukayah. 2014. Penggunaan Metode Cerita Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Bertanya, Mengemukakan Pendapat, Dan Menjawab Pertanyaan. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. 6(2): 118-124. (Online). (http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis/article/view/2291, diakses tanggal 23 Maret 2017).
Sanjaya, W. 2007. Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan: Bagian 2 Ilmu Pendidikan Praktis. Bandung: PT INTIMA.
Syarif, M. 2015. Materi pelatihan guru Implementasi kurikulum 2013 tahun 2015. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Yuliani. 2014. Analisis Kualitas Pertanyaan Siswa Berdasarkan Gender Dan Taksonomi Bloom. Jurnal Bioterdidik. 3(1): 1-10. (Online). (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/7491, di-akses tanggal 23 Maret 2017).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.