PROFIL KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG
Abstract
The objectives of this research was to determine the questioning skills and the quality of the questions on biology learning of students from XI and grade XII Science SMAN 2 Bandar Lampung. Samples were grade students from class XI science 1, XI science 7, XI science 8, XII science 6, and XII science 7 which are consisted of 179 students that chosen by using technique simple random sampling. Qualitative data of questioning skill and quality of questions were obtained from observation and analyzed by counting the percentage and interpreted into a table criteria and strengthened by documentation. The results showed that questioning skill of students was "medium" (61,9%). Quality questions of male students and female students were low level of cognitive question that was (44,43%). Female students more often asking questions (34,78%) than male students (20,69%).
Penelitian ini bertujuan mengetahui keterampilan bertanya dan kualitas pertanyaan pada pembelajaran Biologi oleh siswa kelas XI IPA dan kelas XII IPA SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 7, XI IPA 8, XII IPA 6 dan XII IPA 7 yang berjumlah 179 siswa dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data kualitatif berupa keterampilan bertanya dan kualitas pertanyaan yang diperoleh melalui observasi dan dianalisis dengan menghitung persentase dan diinterpretasikan ke dalam tabel kriteria serta diperkuat dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan bertanya siswa berkategori sedang (61,9%). Kualitas pertanyaan yang diajukan siswa laki-laki dan perempuan tergolong dalam pertanyan kognitif tingkat rendah (44,43%). Siswa perempuan lebih banyak bertanya (34,78%) dibandingkan siswa laki-laki (20,69%).
Kata kunci : keterampilan bertanya, kualitas pertanyaan, pembelajaran biologi
Full Text:
PDFReferences
Aditya, D. 2009. Hand Out Metodologi Research. Solo: Poltekes Surakarta.
Agustina, P, Lisdiana, dan Marianti, A. 2015. Problem Posing Card (PPC): Meningkatkan Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Biology Education. 4 (3): 282-289. (Online), (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/9581/0, diakses 28 Mei 2016 pukul 18.00 WIB).
Arif, M. 2016. Peningkatan Kemampuan Bertanya Melalui Metode Debat Aktif Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Banguntapan Bantul. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan. 5 (5): 62-74. (Online), (http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/2809, diakses 28 Mei 2016 pukul 18.00 WIB).
Azizah, K. 2014. Pendekatan Scientific Bermuatan Karakter Siap Siaga Untuk Meningkatkan Keterampilan Mitigasi. Jurnal Pedagogi. 1 (8) :1-11. (Online), (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/5192, diakses 28 Mei 2016 pukul 18.00 WIB).
Hannifah, H. 2014. Hubungan Antara Kualitas Pertanyaan Siswa Berdasarkan Taksonomi Bloom Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik. 3 (1) : 1-12. (Online), (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/7494, diakses 28 Mei 2016 pukul 18.00 WIB).
Husen. 2013. Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Kemampuan Bertanya Pada Mata Pelajaran Geografi Topik Hidrosfer. KIM Fakultas Matematika dan IPA. 1 (1): 1-14. (Online), (http://kim.ung.ac.id/index.php/KIMFMIPA/article/view/3626, diakses 7 Januari 2016 pukul 20.00 WIB).
Kemendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Marjan, J. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Muallimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Penelitian Pascasarjana Undiksha. 4 (1) : 1-12. (Online), (http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1316, diakses 28 Mei 2016 pukul 18.00 WIB).
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
OECD. 2016. Indonesia OECD Data. (Online), (https://data.oecd.org/indonesia.htm, diakses 30 Maret 2017 pukul 19.00 WIB).
Partin, R. L. 2009. Kiat Nyaman Mengajar di dalam Kelas Edisi Kedua. Jakarta: PT Indeks.
Rahmadhani, Y. 2013. Analisis Pertanyaan Siswa SMP Berdasarkan Tingkat Perkembangan Intelektual dan Gender pada Konsep Sistem Reproduksi. (Online), (http://repository.upi.edu/1595/, diakses 7 Januari 2016 pukul 20.00 WIB).
Rukiah. 2014. Korelasi Antara Kebiasaan Bertanya Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Di SMPN 6 Banda Aceh. (Online), (http://etd.unsyiah.ac.id/baca/index.php?id=8908&page=12, diakses 30 Mei 2016 pukul 08.00 WIB).
Sari, M. E. 2010. Profil Kemampuan Guru Kelas V SD Negeri Dalam Melakukan Penilaian Pada Mata Pelajaran Ipa Se-Kecamatan Raja Basa, Bandar Lampung Tahun Ajaran 2009/2010. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/13268/, diakses 30 Mei 2016 pukul 08.00 WIB).
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugihartono, Fathiyah, K. N, dan Harahap, F. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Yudhistira, D. 2015. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Quantum Learning Pada Siswa Kelas V SDN Karangkandri 04 Cilacap. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/13444/, diakses 7 Januari 2016 pukul 20.00 WIB).
Yuliani. 2014. Analisis Kualitas Pertanyaan Siswa Berdasarkan Gender Dan Taksonomi Bloom. Jurnal Bioterdidik. 3 (1): 1-10. (Online), (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/7491, diakses 7 Januari 2016 pukul 20.00 WIB).
Zaini, H. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.