Identifikasi Gaya Belajar Berdasarkan Gender dengan Hasil Belajar IPA

Juariah Fitri, Tri Jalmo, Rini Rita T Marpaung

Abstract


The studys aim were to find the characteristics of learnig style, the different based on gender and the correlation with science learning achievement. This study was descriptive. Samples were 318 of 64% VII grade students in Labuhan Ratu, that using purposive sampling. Research data were laerning style and learning achievement that were obtained from questionnaires and tests. Data were analyzed descriptively and statistically using Mann Whitney U different test and Kendalls Tau correlation test. As a result, there are three learning styles was visual, auditory, and kinesthetic. The dominant learning styles of the students was auditory. The difference between learning styles and gender was not significant and the correlation between learning styles to learning achievement was low level of the relationship "low".

Penelitian bertujuan mendeskripsikan bagaimana gaya belajardan perbedaannya antar gender serta korelasional dengan hasil belajar siswa kelas VII SMP di Sekecamatan Labuhan Ratu. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII dengan purposive sampling berjumlah 318 siswa. Data kualitatif berupa gaya belajar yang diperoleh dari skor jawaban angket siswa yang dianalisis menggunakan deskriptif dan data kuantitatif berupa data hasil belajar, untuk mengetahui hubungan gaya belajar dan hasil belajar siswa menggunakan uji statistik menggunakan uji Mann-Whitney U dan uji Korelasi Kendalls Tau. Hasilnya, terdapat tiga gaya belajar yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Gaya belajar yang dominan dimiliki siswa adalah auditorial. Gaya belajar antar gender perbedaannya tidak signifikan dan korelasi antara gaya belajar dengan hasil belajar dengan tingkat keeratan hubungan rendah.

Kata kunci: gaya belajar, gender, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Ali. 2013. Prinsip-prinsip Teknik Evaluasi Pengajaran. (Online), (http: //eprints. walisongo. ac.id /453/2 / 083 811037_ Bab3.pdf diakses 13 Maret 2016, pukul 20. 20 WIB).

Aprianto. 2016. Studi Gaya Belajar Kinestetik. Jurnal Ke-pendidikan Yogyakarta. Vol 2 (10): 115-122. (Online), (http://jurnal.eud.id/8374/133378720174 diakses 18 Desember 2016, pukul 20.56 WIB).

Andriyansyah. 2010. Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar. UIN Walisongo Jurnal Vol 2 (3): 1-12. (Online), (http:// repository. uinjkt.ac.id/dspace/bitstream /123456789/3856/1/ ANDRIANSYAH-FITK.pdf, diakses 14 februari 2017, pukul 21.27 WIB)

Aryline. 2014. Gaya Belajar Berdasarkan gender dengan prestasi belajar (online) (http://jurnal.co.i/8374/124891277274 di akses 18 Desember 2016, pukul 13.56 WIB).

BSNP. 2010. Paradigma Pendi-dikan Nasional Abad XXI. (Online), (http:// isi- dps. ac. id, diakses 16 November 2015, pukul 08.30 WIB).

Deporter & Hernacky Mike. 2010. Quantum Learning. Jakarta: Kaifa.

Dewanti. 2013 .Pengaruh gaya belajar pada laki-laki. Skripsi. (Online), (deukip.co.id//56345, diakses 27 Desember 2016, pukul 18.45 WIB).

Gardner, E. 2014. Gaya Belajar and Academic Performance. Ar-tikel. (Online), (http://uda llas.edu/udjs/departments/psychology/2014-2015/gayabelajar, diakses 22 Desember 2016, 10.19 WIB).

Hadi, S. 2010. Hubungan metode belajar dengan hasil belajar. (Online), (http://hadirukiyah. blogspot. co. id/20010/08/ hubungan-metode-mengajar-dengan-hasil.html, diakses 12 maret 2017, pukul 21.45 wib)

Hamalik, O. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Halim. 2012. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial Kinestetik. Jurnal Kependidikan Vol 4 (2): 1-8. (Online), (http:// jurnal. eud. Id /8374 /0256691277 20174 di akses 16 Desember 2016, pukul 16.56 WIB).

Hamzah, B. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Iriani. 2013. Identifikasi Gaya Belajar dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMPN 2 Kerinci Skripsi. (Online), (ujm.ac.id, diakses 1 Maret 2016, pukul 14.28 WIB).

Kasmirawati. 2012. Gaya Belajar dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. (Online), (edu.ac.id///096, di akses 8 Maret 2016, pukul 15.28 WIB).

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhidayati. 2013. Hasil Belajar (Online), (http//edu.ac.id///096, diakses 12 Maret 2017, pukul 21.30 wib).

Praginda. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Jakarta: PPPPTK IPA.

Pratiwi. 2015. Gaya Belajar Berdasarkan Prestasi Disekolah (Online), (http:// lerning. atrints. eud.ac.id/270/2/2361037 Pdf, diakses 27 Desember 2016, pukul 18.18 WIB).

Purwandari. 2010. Kombinasi gaya belajar dengan prestasi belajar. Skripsi. (Online), (http:// lerning style .atrints. sadi sao.ac.id/270/20128811037 bab 3 Pdf, diakses 27 September 2016, pukul 09.18 WIB).

Purwanto. 2013. Prinsip-prinsip Teknik Evaluasi Pengajaran. (Online), (http:// eprints. walisongo. ac. id/453/2 /08 38114005_Bab3.pdf, diakses 13 Maret 2016, pukul 20. 27 WIB).

Riduwan. 2012. Statistika unutk pendidikan. Sosial, ekonomi, Komunikasi dan bisnis. (Online), (http:// eprints.Wali songo. ac. id/453 /2 /083811037 bab3 Pdf, diakses 28 Maret 2016, pukul 23.18 WIB).

Santrock, J. 2007. Psikologi Pendidikan Edisi 3 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Santrock, J. 2009. Psikologi Pendidikan Edisi 1 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Santrock, J. 2011. Psikologi Pendidikan Edisi 3 Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Siswanto. 2016. Gaya Belajar dengan Hasil Belajar. (Online), (http://eprints.walisongo.ac.id/453/256945411037, diakses 30 Oktober 2016, pukul 19:24 WIB).

Sujarwo. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar. Jurnal Kependidikan Yogyakarta. Vol 5 (10): 115-122. (Online), (edu.ac.id///096, di akses 8 Maret 2016, pukul 15.28 WIB).

Sri. 2012 Studi tentang Hubungan Gaya Belajar Visual, Auditorial, Kinestetik Dengan Hasil Belajar (Online), (http//eric.ed.gov, diakses 24 Agustus 2016, pukul 13.07 WIB).

Utomo. 2012. Pengaruh Gender, Gaya Belajar, dan Reinforcement Guru Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri Se-Kabupaten Purworejo. Skripsi. (Online), (portalgaruda.org, diakses pada 20 November 2016, pukul 06.15 WIB).

Uno, H . 2007. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yuliningsih. 2009. Pengaruh Sikap, Motivasi Belajar dan Gender Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI MA Fathul Ulum Kabupaten Grobogan. Skripsi. (Online), (http//un y.ac.id, diakses 20 November 2015, pukul 06.17 WIB).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.