Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan

Nining Hidayatun Nadhifatul Walidayah, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


This research was aimed to describe the misconceptions and factors that can affected students misconception of 8th grade students on Melinting district. The research samples consist of 235 students that were selected by purposive sampling. The design of this research was descriptive. Data was collected by written test and analyzed with Certainty of Response Index, and students questionnaire were analyzed by Kendalls Tau Correlation test. Study result showed that percentage of students misconseption on all concept was 61,28%. Percentages of misconceptions of students on photosynthesis, respiration and photosynthesis and respiration were 63,90%, 55,49%, and 45,53%. Study result of Kendalls Tau correlation that the factors affecting student misconceptions by student and error context of teaching.

Penelitian bertujuan mendeskripsikan miskonsepsi siswa dan faktor yang mempengaruhi miskonsepsi siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Melinting. Sampel penelitian tersebut terdiri atas 235 siswa dipilih secara purposive sampling. Desain penelitian menggunakan deskriptif sederhana. Pengumpulan data dengan tes tertulis dan dianalisis menggunakan Certainty of Response Index (CRI), kemudian angket siswa dianalisis menggunakan uji korelasi Kendalls Tau. Hasil penelitian menunjukkan siswa miskonsepsi pada keseluruhan materi sebesar 61,28%. Siswa yang miskonsepsi pada konsep Fotosintesis, Respirasi, serta Fotosintesis dan Respirasi sebesar 63,90%, 55,49%, dan 45,53%. Hasil dari uji korelasi Kendalls Tau terdapat faktor yang mempengaruhi miskonsepsi siswa yaitu pada siswa dan kesalahan konteks mengajar.

Kata kunci: Certainly of Respons Index, fotosintesis, miskonsepsi, respirasi tumbuhan


Full Text:

PDF

References


Ariandini D, Sri A, dan Any A. 2013. Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMP pada Konsep Fotosintesis melalui Analisis Gambar. Jurnal Pengajar MIPA. 18 (2). 178-184.

Campbell, N.A, Et. Al. 2010. Biologi Edisi Kedelapan Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Cokadar, H. 2012. Photosynthesis and Respiration Processes: Prospective Teachers Conception Level. Education And Science Journal. 37 (164): 82-94

Dahar, R.W. 2011. Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dwi, I V, Rahayu Y S, Erman. 2013. Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk mengatasi Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Fotosintesis. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa. 1 (2). 21-29.

Fadllan, A. 2011. Model Pembelajaran Konflik Kognitif untuk Mengatasi Miskonsepsi pada Mahasiswa Tadris Fisika Program Kualifikasi S.1 Guru Madrasah. Jurnal Phenomenon. 2 (1). 139-159.

Hakim, A., et. al. 2012. Student Concept Undertanding of Natural Product Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal Of Educational Sience. 4 (3). 544-553.

Hasan, S, et.al. 1999. Misconceptions and the Certainty of Response Index (CRI). Journal of Phys. Educ. 34 (5). 294-299.

Istighfarin, L. 2015. Profil Miskonsepsi Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Bio Edu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 4 (3). 991-995.

Manula, K. 2012. Pembelajaran Konsep Upaya Mengatasi Miskonsepsi dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan. II (2). 292-303.

Mulyani, D. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling Universitas Negeri Padang. 2 (1): 27-31.

Muna, I A. 2012. Miskonsepsi Materi Fotosintesis dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SD/MI. Jurnal Cendikia. Vol 10 No 2. 201-214.

Prayitno, Duwi. 2012. Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suparno, Paul. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Yogyakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Undang-Undang RI. 2012. Pendidikan Tinggi. 1-97.

Yulistiati, A. 2012. Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Metode Pembelajaran Priview, Ques tion, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dan Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kebakkramat. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 1-13


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.