Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan

Pipit Puspitasari, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


This research was aimed to describe the misconceptions on Photosynthesis and Respiration of Plants and the factors that can affected students misconception of 8th grade students in Gedong Tataan district. The research samples consist of 531 students that were selected by purposive sampling and using descriptive design. Data was collected by written test and analyzed with Certainty of Response Index, and students questionnaire were analyzed by Kendalls Tau Correlation test. Study result showed that percentage of students misconception on all concept was 61,27%. The percentages of misconceptions students on plants photosynthesis, respiration and photosynthesis and respiration were 60,88%, 64,03%, and 58,95%. Study result of Kendalls Tau correlation test showed that the factors affecting students misconceptions in this research was students themselves.


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa pada konsep fotosintesis dan respirasi tumbuhan serta faktor yang mempengaruhi miskonsepsi siswa SMP kelas VIII se-Kecamatan Gedong Tataan. Sampel penelitian terdiri dari 531 siswa dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan desain deskriptif. Pengumpulan data dengan tes tertulis dan dianalisis menggunakan Certainty of Response Index (CRI), sedangkan angket siswa dianalisis menggunakan uji korelasi Kendalls Tau. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi siswa pada keseluruhan materi sebesar 61,27%. Siswa yang miskonsepsi pada konsep Fotosintesis, Respirasi Tumbuhan, serta Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan sebesar 60,88%, 64,03%, dan 58,95%. Hasil uji korelasi Kendalls Tau menunjukkan faktor yang mempengaruhi miskonsepsi pada penelitian ini berasal dari siswa itu sendiri.

Kata kunci: Certainly of Response Index, fotosintesis, miskonsepsi, respirasi tumbuhan



Full Text:

PDF

References


Campbell, N. A., et. all. 2010. Biologi Edisi Kedelapan Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Cokadar, H. 2012. Photosynthesis and Respiration Processes: Prospective Teachers Conception Level. Education and Science Journal. 37 (164): 82-94.

Dahar, R. W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dwi, I. V. 2013. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Fotosintesis. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa. 1 (2): 21-29.

Hakim, A., Liliasari, Kadarohman, A. 2012. Student Concept Undertanding of Natural Product Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal of Educational Sience. 4 (3); 544-553.

Ibrahim, M. 2012. Seri Pembelajaran Inovatif Konsep, Miskonsepsi, dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: UNESA University Press.

Kse, S. 2008. Diagnosing Student Misconceptions: Using Drawing As A Research Method. World Applied Science Journal. 3 (2): 283-293.

Maesyarah. 2015. Analisis Penguasaan Konsep dan Miskonsepsi Biologi dengan Teknik Modifikasi Certainty of Response Index pada Siswa SMP Se-Kota Sumbawa Besar. Jurnal Pijar MIPA. 10 (1): 1-6.

Mulyani, D. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling. 2 (1): 27-31.

Muna, I. A. 2012. Miskonsepsi Materi Fotosintesis dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SD/MI. Jurnal Cendikia. 10 (2): 201-213.

Mustaqim, T.A. 2014. Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Metode Certainty of Response Index (CRI) pada Konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan. Skripsi. (Online), (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/1234 56789/25/3/TRI%20ADE%20MUSTAQIMFITK.pdf, diak- ses 22 Maret 2016; 15.00WIB).

Nasution, S. P. S. 2014. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Bioterdidik. 2 (8): 1-15.

Priyatno. 2008. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Jogjakarta: C.V Andi Offset.

Rahayu, A. A. 2011. Penggunaan Peta Konsep untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Jaringan Tumbuhan. Skripsi. (Online), (http://skripsi.google code.com/files/S-FKIP-IPA-2011.pdf, diakses 22 Maret 2016; 16.09 WIB).

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. 2010. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suparno, P. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Yogyakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Tawil, M dan Liliasari. 2014. Keterampilan-keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Universitas Negeri Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.