IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI

Putri Sulamtina, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


The aim of this research was to know misconceptions of VIIIth grade students on photosintetic and respiration subject and the factors that affected students misconception at Jatiagung. The samples were 282 students that selected using purposive sampling technique. The design used simple descriptive research.. The quantitative data were obtained from the students' answer and interpreted into criteria. The qualitative data were factors that affected the studentss misconceptions that were obtained from questionnaire and analyzed using Pearson Product Moment Test Correlational. The result showed that the level of misconceptions was "medium" (38.63 2.39). The factors have correlation with studentss missconceptio (0, 128-0,177). The factors were directed learning, discousse learning, students and teacher interaction, homework discussion, understanding language, and learning interest.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Jatiagung pada materi fotosintesis dan respirasi, dan faktor - faktor yang berpengaruh terhadap miskonsepsi siswa. Sampel penelitian terdiri dari 282 siswa kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016 yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian berupa desain deskriptif sederhana. Data kuantitatif berupa skor miskonsepsi yang diperoleh dari jawaban siswa kemudian dianalisis dengan melakukan perhitungan rerata skor serta diinterpretasikan ke dalam kriteria. Data kualitatif berupa faktor - faktor yang berpengaruh terhadap miskonsepsi dan diuji nilai korelasinya menggunakan Uji Korelasional Pearson Product Moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat miskonsepsi berkategori sedang (38,632,39). Faktor yang berpengaruh terhadap miskonsepsi yaitu keterarahan dalam pembelajaran, penggunaan metode ceramah, interaksi guru dengan siswa, pembahasan tugas rumah, pemahaman penggunaan bahasa, serta minat terhadap pembelajaran, yang memiliki nilai korelasi antara 0,128-0,177.

Kata kunci: certainty resposibility indeks, fotosintesis, miskonsepsi, respirasi


Full Text:

PDF

References


Adodo, S.O. 2013. Effects of Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Assessment Items on Students Learning Outcome in Basic Science Technology (BST). Academic Journal of Inter-disciplinary Studies 2 (2). 201-210. (Online), (http. mcser.org/-journal/index, diakses 4 Maret 2016).

BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Pendidikan Dasar dan Me-nengah. Jakarta: BSNP.

Campbell, N.A. Reece, J. B. , Mitchell, L. G. 2002. Biologi Edisi Kelima Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Carrey, S. 1986. Cognitive Science And Science Education. American Psychologist. (Online),(http://psycnet.apa.org/psycinfo), diakses 21 Desember 2015; 21:31.

Dahar, R.W. 2011. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Hakim,A., Liliasari, dan Kadarohman. 2012. Student Concept Undertanding of Natural Product Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal Of Educational Sience. 4 (3) :544-553, diakses 4 Januari 2016.

Kardi, S. 1997. Miskonsepsi Terhadap Konsep-Konsep Biologi, Kemungkinan Penyebab Dan Cara Penanngulangannya. Pidato Pengukuhan Dibaca Pada Peresmian Penerimaaan Jabatan Guru Besar Dalam Bidang Ilmu Hayat Pada Jurusan Biologi FMIPA IKIP Surabaya,Tanggal 4 Desember 1997. 32

Kimball, J.W. 1992. Biologi Umum. Jakarta: Erlangga.

Krisno, M.A. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Depdiknas.

Kurniawati, Djudin, H.T., dan Arsyid, S.B. 2014. Pengaruh Pembe-rian Corrective Feedback pada Pekerjaan rumah terhadap Perubahan Miskonsepsi Siswa. Pontianak: Universitas Tan-jungpura.

Kustiyah, 2007. Miskonsepsi Difusi dan Osmosis pada Siswa MAN Model Palangkaraya. Jurnal Ilmiah guru kanderang. I (27) :: 25, www.rp2u.unsyiah.ac.id, diakses 3 Januari 2016.

Maesyarah, A.W. Jufri, dan Kusmiyati. 2014. Analisis Penguasaan Konsep dan Miskonsepsi Biologi dengan Teknik Modifikasi Certainty of Response Index pada Siswa SMP Se-Kota Sumbawa Besar. (Online), jurnalfkip.unram.-ac.id, diakses 3 Januari 2016

Mustaqim, T.A. , Zulfiani dan Herlianti, Y. 2014. Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Metode CRI pada Materi Fotosintesis dan Respirasi. EDUSAINS. 4 (2) :147 152, journal.uinjkt.ac.id, daikses 4 Januari 2016.

Shen, M.M. 2013. Miskonsepsi Pembelajaran Di Sekolah. NTB : LPMP NTB.

Soewadji, J. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta. : Mitra Wacana Media.

Sudijono, A. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. 44.

Suparno, P. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT Grasindo.

Tayubi, Y.R. 2005. Identifikasi Mis-konsepsi pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI ), Jurnal Pendidikan. 3 (25): 4, journal.uinjkt.ac.id, diakses 5 Januari 2016.

Yuliati, L. 2016. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Malang : Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.