HUBUNGAN GOLONGAN DARAH DENGAN GAYA BELAJAR, MOTIVASI BERPRESTASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI
Abstract
This research aimed to figure out the correlation of blood group with learning style, motivation performance and learning achievement. The design of this research was descriptive correlation by using total sampling technique. The research data of students learning achievement score were obtained from writing test. Students learning style, motivation performance and teachers teaching style data were obtained from observation paper and questionnaires. The researchs data showed that there was no significant correlation between blood group and learning style, motivation performance and learning achievement. However, the analysis result of motivation performance showed the significant differences between AB and B. Therefore, it can be concluded that there are no significant correlation of blood group with learning style, motivation performance and learning achievement.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara golongan darah dengan gaya belajar, motivasi berprestasi, dan prestasi belajar biologi. Desain penelitian ini adalah deskriftif korelasi dengan teknik total sampling, sebanyak 136 siswa-siswi. Data hasil belajar siswa diperoleh dengan tes tertulis dan data gaya belajar, motivasi berprestasi siswa, serta gaya mengajar guru diperoleh dari angket dan lembar observasi. Data Hasil penelitian dianalilis menggunakan teknik korelasi Spearman Rho dan Tukey ANOVA yang menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara golongan darah dengan gaya belajar, motivasi berprestasi dan prestasi belajar. Namun, hasil analisis motivasi berprestasi, siswa bergolongan darah AB dan B menunjukkan beda yang signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa golongan darah tidak memiliki hubungan yang sinergis dan signifikan dengan gaya belajar, motivasi berprestasi dan prestasi belajar belajar biologi.
Kata Kunci: gaya belajar, golongan darah, motivasi berprestasi, prestasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Alizadeh, N., H. Afshar., F. Sohrabi., M. Safaran., dan T. Ahmadi. 2013. Personality Psychological Strategy in Management of Productifity. International Journal of Research In Management. Vol. 2 (No. 3): Hal. 41.(Online). (http://rspublication. com/ijrm/ijrm_index.htm, di-akses pada 17 Februari 2015; 22.00 WIB).
Anandaran, B., Prathiba A., Dorairaj V.S., Banu K.K., dan Muthukumar S. 2015. Correlation of academic score with blood group among first MBBS Medical Student. International Journal of Biomedical and Advance Research. Vol. 6 (No. 04): Hal. 328-330. (Online). (http://www. ssjournals.com/index.php/ijbar/article/download/1896/1660, diakses pada 20 Oktober 2015: 20:22 WIB).
Atoom, M.S. 2014. Bloods Groups and Their Relation with Intellegence among a Sample of Jordanian Universities Students. International Journal of Academic Research in Education and Review. Vol. 2 (No. 8), Hal. 178-185. (Online). (http://academicreasearchjournals.org /IJARER/index.htm, diakses pada 19 Februari 2015; 09.00 WIB).
Johnson, M. 2015. Intellegence Genes Discovered by Scientists. Online). (http://www.telegraph .co.uk/news/science/science-news/12061787 /Intelligence-genes-discovered-by-scientists .html., diakses pada 17 Maret 2016; 16.25 WIB).
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. 223 hlm.
Nomi, T. 2004. Touch My Heart Menenal Kepribadian Anak Menurut Golongan Darah. Terjemahan Holy Setyowati. Yogyakarta: Penerbit Andi. 138 hlm.
Risal, M. 2010. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelajaran. (Online). (http://www.artikel bagus.com/2011/06/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-pembelajaran.html#ixzz3S4BdzIFQ, diakses pada 18 Februari 2015; 11.12 WIB).
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mem-pengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 181 hlm.
Sundarakumar, J.S., K.U. Maheswari., dan M. Somasundaram. 2012. Blood Types and Personality Traits: Is there A Correlation?. International Journal of Business and Management. Vol. 6 (No. 1). (Online). (http:// www.ijbms.com /physiology/blood-types-and-personality-traits-is-there-really-a-correlation-jonas-suganthan-sundarakumar-k-uma-maheswari -m-somasundaram, diakses pada 14 Februari 2015; 08.52 WIB).
Susilo, J. 2009. Sukses dengan Gaya Belajar. Yogyakarta: Pinus. 170 hlm.
Wanda, D. 2011. Mengenali & Membangun Karakter Anak Berdasarkan Golongan Darahnya. Jakarta: Cerdas Sehat. 75 hlm.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.