IDENTIFIKASI BUTIR SOAL IPA PADA MTS GUPPI 03 BELANGA LAMPUNG SELATAN

Dwi Nur Indah Sari, Rini Rita T Marpaung, Berti Yolida

Abstract


This reseach aimed to determine the validity, reliability , level of difficulty , different power and effectiveness of question spiler . Samples of this research were qualitative data in which criteria obtained in class IX MTs Guppi 03 Belanga south Lampung were the entire answer of tests. The method used was descriptive. The research data analysis was by using descriptive in which to describe the results of data analysis with predefined criteria. The results showed that the validity of the question include: the difficulty level is moderate (70%), which is a good distractor effectiveness (82%), about the different power is good enough (62%), and reliability matter that is good (0.71). Thus, the identification of items can be used as a reference in making questions.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan efektivitas pengecoh soal. Sampel penilitian ini adalah data kualitatif yakni kriteria yang diperoleh pada siswa kelas IX MTs Guppi 03 Belanga Lampung Selatan seluruh jawaban tes ujian tengah semester ganjil. Metode yang digunakan merupakan deskriptif. Analisis data penelitian dengan deskriptif yakni mendeskripsikan hasil analisis data dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa validitas soal meliputi: tingkat kesukaran soal adalah sedang (70%), keefektifan distraktor yakni baik (82%), daya beda soal sudah cukup baik (62%), dan reliabilitas soal yakni baik (0,71). Dengan demikian, identifikasi butir soal dapat dijadikan acuan dalam pembuatan soal.

Kata kunci: identifikasi butir soal, reliabilitas soal, validitas soal


Full Text:

PDF

References


Afrianto, E. 2008. Pengawasan Mutu Bahan/Produk Pangan Jilid II. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary D, C.J Luchy dan R Ashgar. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Diterjemahkan oleh Arief Furchan 2007. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. 1987. Tes Prestasi. Yogyakarta: Liberty.

Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta.

Hasan, A. 2008. Marketing. Jogyakarta: Media Pressindo.

Joesman. 2008, Simulasi Jaringan Berbasis Paket Dengan Mempergunakan Simulator OPNET (Online), (http://joesman.wordpress.com/page/2/, diakses tanggal 4 Desember 2015).

Purnomo, A. 2007. Kemampuan Guru Dalam Merancang Tes Berbentuk Pilihan Ganda Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Ujian Akhir Sekolah (UAS). Jurnal Lembaran Ilmu Pendidikan vol. 36, No. 1, Hal 1-6 (Online) (http://www.eprints. ums.ac.id, diakses tanggal 15 November 2015)

Shakil, M. 2008. Does Brand Extension Impact Parent Brand: A Case of Johnson. Journal UK. Vol. 9, No. 1, Hal 53-66. (Online) (http://www. researchgate.net, diakses tanggal 2 Desember 2015)

Surapranata, S. 2005. Panduan Penulisan Tes Tertulis Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, S. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Widodo. 2010. Analisis Butir Soal Tes. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol. 7, No. 2, Hal 58-67 (Online) (http://www.bpk penabur.or.id/file, diakses tanggal 3 Desember 2015)

Zaman, dan Eliyawati. 2010. Bahan Ajar Pendidikan Profesi Guru, Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: UPI.

Zulkarnain. 2008. Tranfarmasi Nilai-Nilai Islam. Yogyakarta: Pustaka pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.