PENGARUH MODEL INKUIRI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI HAMA PENYAKIT TUMBUHAN

Nurmala Sari, Berti Yolida, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of the inquiry model to the activity and students learning outcomes. This study was experimentwith pretest-posttest design not equivalent group. Samples were students from VIIIC and VIIID at SMPN 1 Jatiagung South Lampung that were selected by cluster random sampling. The quantitative data were obtained from the average test scores that were analyzed using U-test. The qualitative data wereactivity and students responses that were analyzed descriptively. The results showed that the inquiry model influenced students learning outcomes on experiment class that was higher than the control class. In addition, the inquiry model also significantly affected the activity of the average percentage of the experiment that was 78.26 and control was 73.96. Most of the students respond positively to the learning model used. Thus, inquiry learning model influenced the increasing of activity and students learning outcomes.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretest posttest tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIICdan VIIID di SMP Negeri 1 Jatiagung Lampung Selatan yang dipilih secara cluster random sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-U.Data kualitatif berupa data aktivitas dan tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif.Hasilpenelitian menunjukkan bahwa model inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang menunjukan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selainitu, model inkuiri juga berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas dengan rata-rata persentase eksperimen = 78,26; kontrol = 73,96. Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap model pembelajaran yang digunakan. Dengan demikian, model pembelajaran inkuiri berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, model pembelajaran inkuiri



Full Text:

PDF

References


Gellu. 2010. Kelompok Belajar Bersama. (Online), (http://www.gellu.net/2010/01/kelompok-Belajar-bersama. Html), diakses 28 Januari 2015.

Hamalik, O. 2001.Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Ibrahim dan Nur. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah.Surabaya: University Press.

Isjoni. 2007. Indikator Generik Sains. (Online), (http://www. Isjoni. net/2007/24/indikator/generik/sains.html), diakses 28 Januari 2015.

Mulyani. 1999. Kelompok belajar bersama. (Online), (http://www.Mulyani.net/1999/01 Kelompok-belajar-bersama.Html), diakses 28 Januari 2015.

Mulyasa.2006. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Rohani, A. 2004.Pengelolaan Pengajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Suparno. 1997. Pembelajaran Dalam Belajar.(Online), (http//www.google.com), diakses 28 Januari 2015.

Sutrisman. 1987. Meningkatkan kemampuan kerjasama.(Online),(http:// sutrisman. blogspot/1987/29/meningkatkan kemampuan kerjasama), diakses 29 Januari 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.