PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
The aim of this research was to find out the influence of PBL model to activity and students learning outcomes on management of environment subject matter. The samples were class VII A and VII C SMP Negeri 1 Rebang Tangkas which were chosen by purposive sampling technique. The design of this research were pretest-postest non equivalent. Quantitative data were obtained from student learning outcomes which were analized by t-test and u-test with signification level of 5%. Qualitative data were learning activity which were analyzed descriptively. The result showed the percentage of student learning outcomes average in experiment class which was 82,69 was higher than control class that was 71,15. the learning outcomes which were obtained from N-Gain score in experiment class was 51,16 that was higher than control class that was 38,87. Based on the research it could be conduded that PBL model gave influence to activity and student learning outcomes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap aktivitas danhasil belajar siswa pada materi pengelolaan lingkungan. Sampel penelitian adalah siswa kelasVII A dan VII C SMP Negeri 1 Rebang Tangkas yang dipilih dengan teknik Purposive sampling. Desain penelitian ini pretest-postest non equivalen. Data kuantatif diperoleh dari hasil belajar siswa yang di analisis menggunakan uji-t dan U pada taraf signifikasi 5%. Data kualitatif berupa aktivitas belajar yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen (82,69) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (71,15), Hasil belajar yang diperoleh dari nilai N-Gain pada kelas eksperimen (51,16) juga lebih tinggi dibandingkan kelas control (38, 87). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, problem based learning
Full Text:
PDFReferences
Baharuddin. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Colleta, V. P. dan J. A. Phillips. 2005. Interpreting FCI scores: Normalized gain, preinstruction scores, and scientific reasoning ability. California: Department of Physics, Loyola Marymount University.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Eggen, P. dan D. Kauchak. 2012. Strategidan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta : Indeks.
Hadjar. 1999. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kwantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grasindo.
Hamalik, O. 2002. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Relista, R. 2012 Pengaruh Penggunaan Media KomikMelalui Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Tumbuh Tumbuhan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Riyanto.2010. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Guru / Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sardiman. 2003. Interaksidan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Standar Nasional Pendidikan. 2009. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005. Bandung: Fokusmedia.
Thoha, M. 1994. Teknik Evaluasi Pendidikan. Grafindo Jakarta: Persada.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.