PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PENGUASAAN MATERI
Abstract
This research purpose was to know the influence of TPS learning modeltowards student activities and conceptual understanding. The research used non-equivalent pretest posttest design. The samples were students of VIIG and VIID class that were selected by purposive sampling technique. Qualitative data were obtained from learning activities observation sheets and students questionnaire responses that were analyzed descriptively. Quantitative data were obtained from the average value of test that were analyzed by using t-test and U-test. The average of students learning activities percentage for all aspects in experiment class was higher than control that was 45.60%. The average of conceptual understanding in experiment class was higher than control. Most of the student (93%) gave good impression towards TPSlearning model. Therefore, TPS cooperative learning model improved students activities and conceptual understanding on subject of the characteristics of living things.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap aktivitas belajar siswa dan penguasaan materi. Desain penelitian menggunakan pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian siswa kelas VIIG dan VIID yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif TPS yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Rata-rata persentase aktivitas siswa semua aspek pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi sebesar 45,60% dibanding kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan materi pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Sebagian besar siswa (93%) memberikan tanggapan positif terhadap model pembelajaran TPS. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif TPS meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi pokok ciri-ciri makhluk hidup.
Kata kunci : aktivitas belajar, ciri-ciri makhluk hidup, model pembelajaran TPS, penguasaan materi
Full Text:
PDFReferences
Ariansyah, B. 2009. Penguasaan Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia Oleh Siswa Pada Penggunaan Animasi Multimedia Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Skripsi. Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.
BSNP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/ MA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dasna, I.W dan Sutisna. 2010. Permasalahan Dalam Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hanafiah, N dan C. Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Ibrahim, Muslim., Rahmadiarti, M. Nur, dan Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Lyman, F. 2002. Strategies For Reading Comprehension Think-Pair-Share. (Online), (http://curry.Edschool.virginia.edu/go/readquest/strat/tps/ html, diakses 28 Desember 2012).
Mulyasa. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Networked. 2011. Think Pair Share. Learning Community. (On-line), (http://www. Eaz-hul. org.uk/nlc/think,pair,share. htm, 13 Desember 2012).
Nurhadi. B.Y. dan A.G. Senduk. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sari, I. M. 2015. Taksonomi Tujuan Pendidikan Menurut Bloom. (Online),(http://file.upi.edu/Direktori/fpmipa/jur._pend._fisika/ika_mustika_sari/evaluasi_pendidikan/bahan_ajar_(minggu_ke_3)_taksonomi_bloom.pdf, diakses 22 Juni 2015.
Siti, Y. F. 2010. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. (Online), (http:// fisikasma?online.blogspot. com/2010/12/model?pembelajaran?kooperatif?tipe. Html, diakses 26 Maret 2012).
Sudrajat. 2010. Definisi Pendidikan UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. (Online), (http://akhmadsudrajat. wordpress.com/2010/12/04/definisi?pendidikan? menurut?uu?no20?tahun? 2003?tentang?sisdiknas, diakses 27 Maret 2012).
Riyanto, Y. 2001. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru, Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Windawati. 2010. Penerapan Pem-belajaran Kooperatif Model TPS pada Mata Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Kelas XII IPA SMAN I Gondangwetan Pasuruan. Skripsi. Malang: Universitas Malang.
Wulandari, E. 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pernapasan. Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.