PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIFTERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Rahman Azizi, Rini Rita T Marpaung, Berti Yolida

Abstract


This research purpose wasto know the influence of interactive multimedia towards the learning activityand learning outcomes. The samples were students ofVIIIa and VIIIbat SMPBudayaBandar Lampung that waychosen by Purposive Sampling technique. The research used pretest-posttest non equivalent design.Qualitative data werelearning activities and students responses were analyzed descriptively. The quantitative data were obtained from the students' learning outcomesthat were pretest, posttest, and N-gain whichwere analyzed by using t-Test. The average of students learning activities percentage in all aspects in experiment class were higher than control (experiment= 75,35; control= 58,59).The increasing oflearning outcomeswith N-gain average was68,00that significantly different with control class was 60,00.Furthermore,most of the students (93%) gave positive responses to the using ofinteractive multimedia. Therefore, interactive multimedia improvedthe activity and learning outcomes students on material of the human circulatory.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh multimedia interaktif terhadap peningkatan aktivitas dan hasilbelajar siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIa dan VIIIbSMP BudayaBandar Lampung, dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest tak ekuivalen. Data kualitatif berupa aktivitas belajar dan tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif. Datakuantitatif hasil belajar siswa diperoleh daripretest, posttest dan N-Gain yangdianalisis menggunakan uji t. Rata rata persentase aktivitas siswa pada semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen= 75,35; kontrol= 58,59).Peningkatan hasil belajarsiwa kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain68,00 berbeda signifikan dengan kelas kontrol 60,00.Selain itu sebagian besar siswa (92%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunan multimedia interaktif. Dengan demikian, penggunaan multimedia interaktif dapat meningkatkan penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok peredaran darah manusia.

Kata kunci : aktivitas belajar,hasil belajar, multimedia interaktif, peredaran darah manusia

Full Text:

PDF

References


Afrian, R. 2014. Pengaruh Pem-belajaran Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal. Lampung:UNILA.

Anderson, H.M. 2015. Dales Cone of Experience. Perspectives for Pharmacy Educators. 1-2. (Online),(www.etsu.edu/uged/etsu1000/documents/Dales_Cone_of_Experience.pdf, diakses 26 Juni 2015; 19.10 WIB).

Hamalik, O. 2011. Media Pendidikan. Bandung:Alumni.

Kusumah, Y. S. 2004. Desain Pengembangan Courseware Matematika Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Afektif Siswa.Makalah. (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/HERI_SUTARNO/Penelitian_dan_Lain-lain/pengem-bangan_MODEL_computer.pdfdiakses 28 Maret 2015; 10.00 WIB)

Mahendra, S. 2011. Definisi Multi-media. Makalah. (Online), (https://id.scribd.co/doc/78329342/Definisi-Multimedia#download, diakses 28 Maret 2015; 10.30 WIB)

Pal, S. Sana, S. dan Gosh, A.K. 2012. Influence of Interactive Multimedia Courseware: A Case Study among the Student of Physical Science of Class VIII. Bhatter Collage Journal of Multidisciplinary Studies Vol. II. (Online), (http://bcjms.bhattercollage.ac.in, diakses 27 Oktober 2014; 10.00 WIB)

Riyanto, Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Refe-rensi bagi Guru, Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas.Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Sadiman, A.S., A. Haryono, dan Rahardjito. 2008. Media Pendi-dikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Saptaningtyas, Y. 2012. Modul Pelatihan Peningkatan Profe-sionalitas Guru-Guru Sekolah Dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Penguasaan Keterampilan Komputer Berbasis User Need Assesment.(Online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/fitriana-yuli-saptanningtyas-spd-msi/pengabdian.pdf, diakses 27 Januari 2014; 14.00 WIB.

Sharma, P. 2013. Role of Interactive Multimedia for Enchancing Stedents Achievement and Retention. International Wo-men Online Journal of Distance Education Vol. 2. (Online), (http://www.wojde.org/FileUpload/bs295854/File/02_23.pdf,diakses 27 Januari 2014; 11.00 WIB)

Sihole, R. 2013. Pengaruh Penggu-naan Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar dan Berfikir Kreatif Siswa pada Konsep Sistem Pertahanan Tubuh Manusia. Skripsi.Bandung. UPI. Teoh, B.S. and Neo, T.K. 2007. Interactive Multimedia Learning: Students Attitudes and Learning Impact in an Animation Course. Malaysia:Multimedia University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.