PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Harry Haryono, Tri Jalmo, Rini Rita Marpaung

Abstract


This research was purposed to know the influence of interactive multimedia towards the conceptual understanding and students learning activity. The samples were students of VIIC and VIID SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung that were chosen by Purposive Sampling technique. The research used pretest-posttest non equivalent design. The data were obtained from the pretest, posttest, and N-gain which were analyzed by using U-Test. Learning activities and student responses were analyzed descriptively. The increasing of conceptual understanding with N-gain average that was 49,00 was significantly different with control class that was 40,00. Activity of presenting the result of discussions had less citeria, while expressing opinions or ideas, working in teams, asking questions had enough criteria. Therefore, interactive multimedia improved conceptual understanding and students activity on subject matter of the characteristics of living things.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh multimedia interaktif terhadap peningkatan penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIC dan VIID SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung, dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest tak ekuivalen. Data penguasaan materi siswa diperoleh dari pretest, posttest dan N-Gain yang dianalisis menggunakan uji U. Data aktivitas belajar dan tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif. Peningkatan penguasaan materi siwa kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain (49,00) berbeda signifikan dengan kelas kontrol (40,00). Aktivitas mempresentasikan hasil diskusi berkriteria kurang, sedangkan aktivitas mengemukakan pendapat atau ide, bekerjasama dalam kelompok, mengajukan pertanyaan berkriteria cukup. Dengan demikian, penggunaan multimedia interaktif dapat meningkatkan penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup.

Kata kunci : aktivitas belajar, ciri-ciri makhluk hidup, multimedia interaktif, penguasaan materi


Full Text:

PDF

References


Anderson, H.M. 2015. Dales Cone of Experience. Perspectives for Pharmacy Educators. 1-2. (Online). (www.etsu.edu /uged/etsu1000/documents/Dales_Cone_of_Experience.pdf, diakses pada 26 Juni 2015; 19.10 WIB).

Anggoro. 2011. Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Program Flash (Adobe Flash Professional Portable 4) dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Bandung: UPI.

Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pal, S. Sana, dan Gosh, A.K. 2012. Influence of Interactive Multimedia Courseware: A Case Study among the Student of Physical Science of Class VIII. Bhatter Collage Journal of Multidisciplinary Studies. Vol. II, Issue. 6. (Online), (http://bcjms.bhattercollage.ac.in, diakses pada 27 Oktober 2014; 10.00 WIB).

Rusuffendi. 1994. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Semarang: IKIP Semarang.

Sadiman, A.S., A. Haryono, dan Rahardjito. 2008. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saptaningtyas, Y. 2012. Modul Pelatihan Peningkatan Profesionalitas Guru-Guru Sekolah Dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Penguasaan Keterampilan Komputer Berbasis User Need Assesment. (Online). (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/fitriana-yuli-saptanningtyas-spd-msi/pengabdian.pdf, diakses pada 27 Januari 2014; 14.00 WIB).

Sari, I. M. 2015. Taksonomi Tujuan Pendidikan Menurut Bloom. (Online). (http://file.upi.edu /Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._FISIKA/IKA_MUSTIKA_SARI/EVALUASI_PENDIDIKAN/BAHAN_AJAR_(MINGGU_KE_3)_TAKSONOMI_BLOOM.pdf, diakses pada 22 Juni 2015; 14:30 WIB).

Sharma, P. 2013. Role of Interactive Multimedia for Enchancing Stedents Achievement and Retention. International Women Online Journal of Distance Education Vol. 2, Issue 3, Article 02. (Online). (http://www.wojde.org/FileUpload/bs295854/File/02_23.pdf, diakses pada 27 Januari 2014; 11.00 WIB).

Sihole, R. 2013. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar dan Berfikir Kreatif Siswa pada Konsep Sistem Pertahanan Tubuh Manusia. Skripsi. Bandung: UPI.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sucipto. 2010. Penulisan Naskah Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Komputer (Multimedia). Makalah Yogyakarta: Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP).

Teoh, B.S. and Neo, T.K. 2007. Interactive Multimedia Learning: Students Attitudes and Learning Impact in an Animation Course. Malaysia: Multimedia University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.