PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA

Firmansyah Firmansyah, Sultan Djasmi, Thoha B.S Jaya

Abstract

Problems in this research were achievement in social learning, motivation to learn, and discipline study on fifth grade student of elementary school in west kotaagung at 2014/2015. The purpose of this research was to describe influence between learning motivation and academic achievement, influence between discipline study and achievement in social learning and influence between learning motivation and discipline study and achievement in social learning. The sample in this study were 84 students. The results showed that (1) there is positive and significant correlation between motivation toward learning achievement in social learning with a correlation coefficient of 0.95; (2) there is positive and significant correlation between the discipline of learning achievement in social learning with a correlation coefficient of 0.98; (3) there is a positive and significant pengaruf between learning motivation and discipline to learn together with the achievement of social studies with a correlation coefficient of 0.82.

Masalah penelitian ini adalah prestasi belajar IPS yang masih rendah, motivasi belajar yang rendah dan disiplin yang masih rendah pada siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Kotaagung Barat Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh antara motivasi belajar dengan Prestasi belajar IPS, pengaruh antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS dan pengaruh antara motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,95. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin terhadap prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,98. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,82.

Kata kunci: motivasi belajar, disiplin belajar, prestasi belajar.

References

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tuu, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Belajar Siswa. Jakarta: Gramedia.

Uno, B. Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukuranya. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.