PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SDN 1 Tambah Luhur yang terdiri dari 1 guru dan 28siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkanterdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran IPS kelas V SDN 1 Tambah Luhur.
Kata kunci: aktivitas dan hasil belajar, PBL, pembelajaran IPS.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sapriya. 2007. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung: UPI PRESS.
Supriatna. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif; Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Surabaya: Kencana Prenada Media Grup.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wardhani, Igak. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.