PENGARUH MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Penelitian ini menggunakan rancangan quasi-eksperimen metode non-equivalent control group design. Sampel terdiri 20 subjek kelompok eksperimen dan 20 kelompok kontrol. Alat pengumpul data menggunakan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan analisis uji hipotesis komparatif dua sampel yang berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan thit < ttabel = 0,0226 <0,0368.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Huda, M. 2013 . Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Indama, M. 2010. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif (Think Pair Share) Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Metro. Metro: Universitas Muhammadiah.
Karimah, I. 2008. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-G MANPadang. Padang: Universitas Negeri Padang.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajagrafindo.
Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Kemendiknas.
Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. 2009.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiono. 2011.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudjana. 1996. Metode Statistik. Jakarta: Tarsito.
Trianto. 2012.Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PERMENDIKNAS.
Yusuf, M. 2005.metodologi Penelitian. Padang: UNP.
Refbacks
- There are currently no refbacks.