PENINGKATAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL CIRC

Suciyati Suciyati, Siswantoro Siswantoro, Sowiyah Sowiyah

Abstract


This research was motivated by low of study result of bahasa learning in the IVth B class at Elementary School 1 Giriklopomulyo. The aims of this research were to increase the ability of reading comprehension and study result of Indonesian through cooperative integrated reading and composition model. This research was classroom action research that consist of planning, acting, observing, and reflecting. The instrument of data collection used observation sheet and questions test. The analysis technique of data used qualitative analysis and quantitative analysis. The results of research showed that the implementation of cooperative integrated reading and composition model can increase the ability of reading comprehension and study result of bahasa learning.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas IV B SD Negeri 1 Giriklopomulyo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar Bahasa Indonesia.

Kata kunci: hasil belajar, kemampuan membaca pemahaman, model cooperative intergrated reading and composition (CIRC)


References


Asma, N. 2006. Model pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdikbud.

Huda, M. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Rahim, F. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Akasara.

Resmini. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI PRESS.

_______. 2006. Membaca dan Menulis di Sd: Teori dan Pengajarannya. Bandung: UPI PRESS.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Bandung: Raja Grafindo.

Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Aruzz Media.

Wardani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.