PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS

Nur Rafiana, A. Sudirman, Siswantoro Siswantoro

Abstract

The aims of research were to improve activity and study result by implementing explicit instruction model. The model of research was Classroom Action Research that consisted of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of research data collection used observation sheet and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of research showed that the implementation of explicit instruction model can improve the activity and study result of student.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan model explicit instruction. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes.Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model explicit instruction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar siswa, model explicit instruction.

References

Anurrahman. 2009. Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sapriya. 2007. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS.

______. 2006. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung: UPI PRESS.

Suyono & Hariyanto. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tampubolon, S.M. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Wahyudin, D. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.