HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS
Abstract
This research wasmotivated by the low achievement of social studies and the lack of discipline and learning independent of the students. The purpose of this study was to determine the correlation between discipline and learning independence with learning IPS achievement of fifth grade students SD Negeri 3 Gedung Air Bandarlampung students year 2014/2015. This study was a population research, data collection was using the questionnaire and documentation. Data were analyzed using Poduct Moment correlation formula. The results showed that there is a positive correlation between discipline and learning independence with learning achievement IPS with a correlation coefficient of 0,862 and F value 42,91.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar IPS dan kurangnya sikap disiplin dan kemandirian belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara disiplin dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 3 Gedung Air Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian populasi, pengumpulan data menggunakan kusioner dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara disiplin dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,862 dan F hitung sebesar 42,91.
Kata kunci : disiplin belajar, kemandirian belajar, prestasi belajar IPS.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ali, Mohammad dan Asrori, Mohammad. 2005. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.
Asy, Masudi. 2000. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Yogyakarta: PT Tiga Serangkai.
Masykur, Arif Rahman. 2011. Kesalahan-kesalahan Fatal Paling Sering Dilakukan Guru dalam Kegiatan Belajar-Mengajar. Diva Press : Yogyakarta.
Silberman, Mel. 2007. Active Learning. Yogyakarta: Pustaka Insan madani.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bumi Aksara:Jakarta.
Slovin, Robert E. 2009. Psikologi Pendidikan: teori dan praktek jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.
Tuu, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud: Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.