PENERAPAN TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Fitri Yani, Mugiadi Mugiadi, Sulistiasih Sulistiasih

Abstract

This research aimed to increase the activity and student learning results outcames on with the application of Cooperative Learning strategy Pair Check type in forth grade of elementary school 5 South Metro. Method which used in this research was classroom action research, which consists of planing, acting, observing and reflecting. The data analysis technique used in this research were qualitative analysis and quantitative analysis. The result of this research showed that the students' activity can be seen from the percentage average of classically students active learning on cycle I wasabout (71), cycle II was about (76). So with the percentage of classically students learning result cycle I was about (70%), cycle II was about (83,3%).

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan strategi pembelajaran Cooperative Learning tipe Pair Check di kelas IV SD Negeri 5 Metro Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mendapat rata-rata persentase keaktifan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar (71), siklus II sebesar (76). Begitu pula dengan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar (70%), siklus II sebesar (83,3%).

Kata kunci: pair check, aktivitas, hasil belajar.

References

Arikunto, A. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiningsih, C. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdiknas. 2009. UU SISTEM PENDIDIKAN (UU RI No. 20 Tahun 2003). Jakarta: Sinar Grafika.

Ihsan, F. 2008. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sapriya. 2007. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung: UPI Press.

Permendiknas No.22 dan No.23 Tahun 2006 tentang SI dan SKL. Jakarta: Sinar Grafika.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.