PERBEDAAN MODEL COURSE REVIEW HORAY DENGAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
The aim of this research was to determine the difference between students' learning result using Course Review horay model with students using the model Talking Stick. The method used was Quasi Experimental, and research design was counterbalanced design. The results showed: there was significant difference between the mean cognitive outcomes of students in a class that uses the model Course Review horay with the Talking Stick model, there was no significant difference between the mean affective outcomes of students in a class that uses a Course Review horay model with the Talking Stick model, there was no significant difference between the mean psychomotor outcomes of students in classes that use models Course Review horay with the use of Talking Stick model.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model Course Review Horay dengan siswa yang mengunakan model Talking Stick. Metode yang digunakan yaitu Quasi Experimental, dan desain penelitian Counterbalanced Design. Hasil penelitian menunjukkan: ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil kognitif siswa pada kelas yang menggunakan model Course Review Horay dengan yang menggunakan model Talking Stick, tidak ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil afektif siswa pada kelas yang menggunakan model Course Review Horay dengan yang menggunakan model Talking Stick, tidak ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil psikomotor siswa pada kelas yang menggunakan model Course Review Horay dengan yang menggunakan model Talking Stick.
Kata kunci: course review horay, hasil belajar, talking stick
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asmayanti, Diana. 2012. Perbandingan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan TAI. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.
Budimansyah, Dasim. 2009. PAKEM: Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Bandung: Genesindo.
Dwitantra, P. (2010). Model Pembelajaran Course Review Horay.diperoleh agustus 2014. dari http://igkprawindyadwitantra.blogspot.com/model pembelajaran course review horay.
Huda, Miftahul. 2013. Model Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung:Tarsito.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Bandung: Pustaka Belajar.
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.