HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS

Deviyanti Pangestu, Sultan Djasmi, Erni Mustakim

Abstract

The purpose of this research is to know the correlation between the learning environment in school toward learning motivation and social science learning achievement. The method used in this research is the method of associative correlation with ex post facto approach and survey. The sample of the research consist of 40 students. A correlational test was performed to analyze the data. The results of data analysis concluded that there is a correlation between the learning environment in school and learning motivation with students IPS learning achievement IPS with a correlation coefficient R of 0.941.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dan motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif korelasional dengan pendekatan ex post facto dan survey. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dan korelasi ganda sedangkan uji hipoesis menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa terdapat hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dan motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi R sebesar 0,941.

Kata kunci: lingkungan belajar di sekolah, motivasi belajar, prestasi belajar.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Prestasi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Cipta Karya.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Referensi.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winkel, W.S. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.