PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA AUDIO VISUAL
Abstract
Social studies learning in class IV A at Elementary School 5 Bumi Nabung Ilir was not optimal, the result of students' learning were still low. The purpose of this research was to increase students' learning result by implementing the problem based learning model and audio visual media. This research was Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles. Stages of each cycle were planning, acting, observing, and reflecting. Data were obtained through non-test and test techniques using the observation sheet and questions test. Data were analyzed by using qualitative analysis and quantitative analysis. The results of this research showed that the implementation of problem based learning model and audio visual media in social studies learning can increase students' learning result.
Pembelajaran IPS di kelas IV A SD Negeri 5 Bumi Nabung Ilir belum optimal, hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model problem based learning dan media audio visual. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui teknik non tes dan tes dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dan media audio visual dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: audio visual, hasil belajar, problem based learning.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik. (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.
Kustandi, Cecep & Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran: sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus., .2010. Cooperative Learning: Teori Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tim Penyusun. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
___________. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Warsono&Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.