PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING

Imam Rasyiid Yakhya, Lilik Sabdaningtyas, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

The purposes of this research are to increase student learning activity, cognitive learning result, and teachers performance grade IV elementary school 3 Kampung Baru with theme Makananku Sehat dan Bergizi using Mind Mapping model. This research uses classroom action research with three cycles. Research data were obtained through observation paper and test learning result. Data analysis techniques used are qualitative and quantitative data analysis. Research result indicated that mind mapping model can increase student learning activity, cognitive learning result, and teachers performance. It can be seen from percentage of student learning activity in the first cycle (62,5%), second cycle (75%), and third cycle (83,33%). Percentage of cognitive learning result in the first cycle (66,67%), second cycle (79,17%), and third cycle (87,5%). The value of teacher's performance in the first cycle (73,91), second cycle (78,26), and third cycle (86,96).

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, hasil belajar kognitif siswa, dan kinerja guru kelas IV SD Negeri 3 Kampung Baru pada tema Makananku Sehat dan Bergizi menggunakan model Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi dan tes hasil belajar setiap siklusnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa, hasil belajar kognitif siswa, dan kinerja guru dapat ditingkatkan dengan menggunakan model mind mapping. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I (62,5%), siklus II (75%), dan siklus III (83,33%). Persentase hasil belajar pengetahuan siswa siklus I (66,67%), siklus II (79,17%), dan siklus III (87,5%). Nilai kinerja guru siklus I (73,91), siklus II (78,26), dan sikus III (86,96).

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, kinerja guru, mind mapping

References

Depdikbud. 2009. Undang-undang Dasar Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta : Sinar Grafika.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Kunandar. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Purwanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sardiman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Sugiarto. 2004. Model-Model Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya.

Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.