PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
Abstract
The purpose of research is to increase the activity and student learning outcomes through the implementation of a model of role playing. This type of research is a classroom action research with the phases of planning, implementation, observation, and reflection. Data collection tool uses observation and tests. Data were analyzed by using qualitative analysis and quantitative analysis. The results showed the application of the model of role playing can increase the activity and student learning outcomes.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model role playing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, model role playing.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Lestari, Puji, dkk. 2009. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Rakhmat, Cece, dkk. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: UPI Press.
Suparlan, dkk. 2010. PAKEM. Jakarta: Genesindo
UU Nomor 20. Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Grafika: Jakarta.
Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Univeritas Terbuka.
Winataputra, Udin S., dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Refbacks
- There are currently no refbacks.