PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Hermawan Hermawan, Rapani Rapani, Asmaul Khair

Abstract

The purpose of research is to increase the activity and student learning outcomes through the implementation of a model of role playing. This type of research is a classroom action research with the phases of planning, implementation, observation, and reflection. Data collection tool uses observation and tests. Data were analyzed by using qualitative analysis and quantitative analysis. The results showed the application of the model of role playing can increase the activity and student learning outcomes.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model role playing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, model role playing.


References

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Lestari, Puji, dkk. 2009. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Rakhmat, Cece, dkk. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: UPI Press.

Suparlan, dkk. 2010. PAKEM. Jakarta: Genesindo

UU Nomor 20. Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Grafika: Jakarta.

Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Univeritas Terbuka.

Winataputra, Udin S., dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Refbacks

  • There are currently no refbacks.