PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI STRATEGI PEER LESSONS DENGAN MEDIA FLIP CHART
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons dengan media flip chart. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan adalah non tes dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons dengan media flip chart dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: hasil belajar, media flip chart, motivasi, strategi peer lessons.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Panduan Pemasyarakatan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Ketetapan MPR RI. Jakarta: Sekretariat Jenderal MPR RI
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Zaini, Hisyam. 2009. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.
Refbacks
- There are currently no refbacks.