PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada tema “Makananku Sehat dan Bergizi”. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data hasil belajar ranah kognitif siswa menggunakan teknik tes, sedangkan data hasil belajar ranah afektif dan psikomotor menggunakan
teknik non tes berupa lembar observasi. Penelitian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 43,75% dengan kategori “Sangat Rendah”. Pada siklus II sebesar 66,67% dengan kategori “Tinggi”. Pada siklus III sebesar 87,50% dengan kategori “Sangat Tinggi”.
Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, think-pair-share.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Jihad, A dan Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Permendikbud No.65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Permendikbud.
Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta : DIVA Press.
Slavin, R.E. 2005.Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media.
Solihatin dan Raharjo. 2005. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : Bumi Aksara.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Prenada Media Group.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Kemendikbud.
Refbacks
- There are currently no refbacks.