PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE

Dewi Umayah, Syaifuddin Latief, Maman Surahman

Abstract

This research is based on the low of student learning outcomes in IPS. The purpose of this research is to increase IPS students learning outcome use cooperative learning think-pair-share (TPS) model on the theme “Makananku Sehat dan Bergizi”. This research used classroom action research. The collection of data cognitive learning result of students using testing techniques, while the data on the affective and psychomotor learning using non-test techniques such as observation sheets. Analyzed using descriptive qualitative research. The results of the study completeness student learning outcomes in the first cycle of 43.75% with the category of "Very Low". In the second cycle of 66.67% with the category "High". In the third cycle was 87.50% with the category of "Very High".

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada tema “Makananku Sehat dan Bergizi”. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data hasil belajar ranah kognitif siswa menggunakan teknik tes, sedangkan data hasil belajar ranah afektif dan psikomotor menggunakan
teknik non tes berupa lembar observasi. Penelitian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar  43,75% dengan kategori “Sangat Rendah”. Pada siklus II sebesar 66,67% dengan kategori “Tinggi”. Pada siklus III sebesar 87,50% dengan kategori “Sangat Tinggi”.

Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif,  think-pair-share.

References

Arikunto, S dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Jihad, A dan Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Permendikbud No.65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Permendikbud.

Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta : DIVA Press.

Slavin, R.E. 2005.Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media.

Solihatin dan Raharjo. 2005. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : Bumi Aksara.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Prenada Media Group.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Kemendikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.