MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU
Abstract
The aims of this research were to increase motivation and learning result of students at grade IV SD Negeri 4 Bumi Jawa by implementing integrated learning model. This research used classroom action research that consist of planning, acting, observing and reflecting. The technique of data collection used non test and test. Instrument of data collection used observation sheet and question test. Technique of data analysis used qualitative analysis and quantitative analysis. The research showed that implementation of integrated learning model can increased motivation and learning result.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Bumi Jawa dengan menggunakan model pembelajaran terpadu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpul data dilakukan dengan non tes dan tes. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal-soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran terpadu dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar.
Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran terpadu, motivasi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Saud, Udin Saefuddin. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung: UPI PRESS.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.