STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

Diah Nuraini, Muncarno Muncarno, Darsono Darsono

Abstract

The purpose of this research were to increase the motivations and study result of students by implementation of active knowledge sharing strategy. The method of research was Classroom Action Research with planning, acting, observing, and reflecting step. The instrument of data collection used observation sheet and test. The technique of data analyze used qualitative and quantitative technique. The result of the research showed that implementation of active knowledge sharing strategy increase the motivations and study result of students.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi active knowledge sharing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar panduan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi active knowledge sharing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: hasil belajar, motivasi, strategi active knowledge sharing.

References

Aprilianti, Fitria. 2013. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Active Knowledge Sharing. (Jurnal). Yogyakarta. http://skripsippknunj.org//. Diakses pada tanggal 1 Februari 2014 @ 13.30

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar, 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013).Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Wardhani, IGAK. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.