PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION SISWA SEKOLAH DASAR

Hidayatullah Hidayatullah, Sarengat Sarengat, Alben Ambarita

Abstract

The aims of research were to increase the activities and study result of students  by implementation of Explicit Instruction models. The method of research was classroom action research that consist of planning, acting, observation, and reflection. The technique of data collection used non test and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The results of research showed that implementation of Explicit Instruction models for thematics learning can improve the activities and study result of student.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Explicit Instruction. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Explicit Instruction dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas dan dan hasil belajar siswa.

Kata kunci : aktivitas, hasil belajar siswa, model explicit enstruction

References

Anurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Bandung.

Eggen, Paul, dan Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Indeks.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kardi, S. dan Nur, M. 2000. Pengajaran Langsung. Surabaya: University Press.

Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud RI.

Kunandar.2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Poerwanti. 2009. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Jakarta

Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 20.2003.Sistem Pendidkan Nasional. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Wardhani, I.G.A.K. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.