PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR

Dita Erwidiya, Rapani Rapani, Herman Tarigan

Abstract

The aim of the research were to increase teamwork attittude and students learning result throught the implementation of Think Pair Share model for students of IV B class at SDN 11 Metro Pusat. The method of the research was classroom action research that consist of planing, implementing, observing, and reflecting. The instrument of data collection used technique non test and test. The data analysis used qualitative and quantitative. The result of research showed that the implementation of Think Pair Share model can improve teamwork attittude and study result.

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa melalui model Think Pair Share siswa kelas IV B di SDN 11 Metro Pusat. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat Pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa.


Kata kunci: hasil belajar, kerjasama, think pair share.

References

Ahmadi Abu. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rieneka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Riene Cipta.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Lerning itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Samani, Muchlas dan Haryanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Septriana Nina & Budi Handoyo. 2006. Jurnal Pendidikan Inovatif Penerapan Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Geografi. Malang.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.

Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Tim Penyusun. 2013. Salinan Lampiran Permendikbud No. 66 th 2013 tentang Standar Penilaian. Jakarta: Kemendikbud.

Trianto. 2010. Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif: Konsep, Landasan, dan Inplementasinya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.