HUBUNGAN KEGIATAN PRAMUKA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
This research is motivated by the low of discipline, learning result, and scout activities of the students that is known from the observation result. The aim of the research is to find the correlation between the scout activities and the discipline of learning with the learning result grade IV and V in Mathla’ul Anwar Cintamulya Elementary School District of South Lampung Regency Candipuro. This research is a population research, collecting the data use a questionnaire to the scout activities and discipline of learning data, and worksheet or test to the data of learning result. The data is analyzed with Product Moment Correlation formula. The result of the research showed there is no correlation between the scout activities, the discipline of learning, and the learning result of the students with coefficient of correlation 0,316 and F value 3,077.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya disiplin dan hasil belajar siswa serta keaktifan siswa mengikuti kegiatan pramuka yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kegiatan pramuka dan disiplin belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV dan V di Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Cintamulya Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini adalah penelitian populasi, pengumpulan data menggunakan angket untuk kegiatan pramuka dan disiplin belajar, dan lembar tes untuk data hasil belajar. Data dianalisis menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang positif antara disiplin belajar, kegiatan pramuka dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,316 dan Fhitung sebesar 3,077.
Kata kunci: disiplin, hasil belajar, kegiatan pramuka.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asri, Satya Pratama. 2013. Studi Deskriptif Tentang Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prilaku Disiplin Siswa di SMK Bhakti Pertiwi Kabupaten Bandung Barat. Skripsi. UPI. Bandung. [Tidak diterbitkan].
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sunardi, Andri Bob. 2011. Boyman Ragam Latih Pramuka. Bandung: Nuansa Muda.
Refbacks
- There are currently no refbacks.