PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH

Wahyu Wibowo, Alben Ambarita, Nelly Astuti

Abstract

The purpose of this research is to increase the activity and student mathematics learning outcomes in fourth grades of elementary school 02 Sindang Agung academic years 2012/2013 by using cooperative learning model type make a match. A method was used in this research is classroom action research. It consists of three cycles and each cycle consists of 4 steps; planning, acting, observing and reflecting. A data collecting tool were used in research is observation paper for student activity and teacher’s performance and student learning test. A result of data collecting were analyzed by using a qualitative and quantitative analysis. A result showed an increase in student activity and mathematics learning outcomes. It can be seen from the average student activity in cycle I is 54,48% with enough active category, increase in cycle II to be 66,67% with enough active category, and increase in cycle III to be 79,58% with active category.

Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 02 Sindang Agung tahun pelajaran 2012/2013 dengan menerapkan model cooperative learning tipe make a match. metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian terdiri tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data aktivitas dan kinerja guru adalah lembar observasi, dan tes untuk data hasil belajar. Data penelitian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika. Hal ini didukung data aktivitas pada siklus I dengan rata-rata sebesar 54,48% (kategori cukup aktif), pada siklus II meningkat menjadi 66,67% (kategori cukup aktif), dan siklus III meningkat menjadi 79,58% (kategori aktif).

 Kata kunci: aktivitas, cooperative  learning, hasil, make a match

References

Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Direktorat Jendral pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta. Halaman 1-2.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tintakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Yrama Widya. Bandung. Halaman 40.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta. Halaman 16.

Depdiknas. 2008. Undang-undang Sisdiknas. Sinar Grafika. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta. Halaman 18.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama. Bandung. Halaman 23.

Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta. Halaman 135.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung. Halaman 85.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah PTK Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Raja Grafindo Persada. Jakarta. Halaman 277.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Grasindo. Jakarta. Halaman 55.

Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Rosdakarya. Bandung. Halaman 102.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers. Jakarta. Halaman 204.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung. Halaman 22.

Suwangsih, Erna & Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. UPI PRESS. Bandung. Halaman 4.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.