PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF SECIL MEMBACA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
Abstract
Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) menyatakan bahwa kualitas pendidikan literasi di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara lain. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengoptimalkan dan meningkatkan pendidikan literasi di Indonesia yaitu meningkatkan kemampuan dasar literasi peserta didik. Kemampuan dasar literasi yaitu kemampuan dalam membaca permulaan. Berdasarkan penelitian ini, menunjukkan adanya permasalahan mengenai minimnya kemampuan peserta didik dalam membaca permulaan, kesulitan yang ditemui yaitu kesulitan dalam mengenal huruf, suku kata, membaca kata tanpa mengeja, dan kesulitan dalam membaca kalimat pendek. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik tingkat sekolah dasar dengan target behavior, peserta didik mampu membaca suku kata tanpa mengeja dan kalimat pendek secara utuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media interaktif SECIL membaca mampu meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas 1 MI Assunniyah Lumajang. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil observasi dan hasil wawancara dengan peserta didik, guru, dan kepala madrasah.
References
Ahsani, Eva Luthfi Fakhru dan Elya Umi Hanik. 2022. Developinga 3d Page Flip E-Book Based On Scienceliteracy Integrated With Islamic Values For Fifth-Grade Students. Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam, Vol.14, No. 2.
Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Bahrun, Masitah. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Awal dengan Menggunakan Kartu Suku Kata Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendas Mahakam. Vol 5 No. 2.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fahrurrozi. 2016. Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah PGSD Vol. 5, No.2.
Hakim, Mukhammad Luqman. 2020. Multimedia Interaktif Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education Vol. 3 No. 1.
Hartanto, Agus. 2013. Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Balok Dengan Aplikasi Multimedia Interaktif Di Sd Negeri Teguhan Sragen. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA Vol. 1 No. 2.
Hartono. 2009. Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas. Ttp.
Indahini, R. S., Sulton, & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digita Kelas X Smk. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol.1, No. 2.
Mulyono, Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
N., Sudjana, & Rifa’i, A. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Saputro, Kuncoro Adi dkk. 2021. Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 3, No. 5.
Refbacks
- There are currently no refbacks.