Pengaruh Penggunaan Gadget dan Game Online terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik Kelas IV SD Se-Gugus Inti II Kecamatan Kemiling
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perilaku sosial peserta didik kelas IV SD Se-Gugus Inti II Kecamatan Kemiling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget dan game online terhadap perilaku sosial peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto. Populasi penelitian berjumlah 310 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 76 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket/kuesioner dan studi dokumen dan teknik analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan gadget dan game online terhadap perilaku sosial peserta didik kelas IV SD Se-Gugus Inti II Kecamatan Kemiling, dengan diperoleh Fhitung=13,46 yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,5191 atau korelasi berkategori sedang dan koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0.2695 yang mempunyai arti bahwa penggunaan gadget dan game online telah memberikan pengaruh 26,95% terhadap perilaku sosial peserta didik dan 73,05% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata kunci: gadget, game online, perilaku sosial
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Fanizat, Al. 2021. Pengaruh Game Online Free Fire Terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas Iii Di Sdn 001 Sejangat Kabupaten Bengkalis.Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.
Fitriyani, Zulfi. 2019. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas V di MI NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Fakultas Tarbiyah, Institut Negeri Agama Kudus.
Hayati, Umi. 2017. Nilai-nilai dakwah : aktivitas ibadah dan perilaku sosial. INJECT: Interdisciplinary Journal of Communication, 2(2):175-192.
Khudriyah dan Najahah, Azifatun. 2020. The Students’ Discipline And Social Behavior Of Ma Miftahul Ulum Cermenan Ngoro Jombang Correlation. Urwatul Utsqo, 9(1):25-40.
Pebriyanti, Yuli. 2021. Dampak Bermain Game Online Terhadap Kepribadian Sosial Anak SDN 1 Bahaur Kabupaten Seruyan. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya.
Rini, Ika Ari Pratiwi dan Muhammad Noor Ahsin. 2021. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3): 1236-1241.
Rozalia, M. F. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 722.
Saputra, B. R. 2019. Hubungan Penggunaan Gadget dan Game Online Dengan Karakter Sosial. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Sari, I. Mulya. 2019. Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Prilaku Siswa Di Kelas V Sd. (Skripsi) Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.1-97.
Suhana, Mildayani. 2018. Influence of gadget usage on children’s social-emotional development. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 6: 224-227.
Uli, Oktafia. 2020. Pengaruh kemajuan teknologi terhadap perilaku sosial dan lingkungan anak. TPSDANL ANAK, 1-7.
Refbacks
- There are currently no refbacks.