Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar PKn

Aliefah Kurniawan, Rapani Rapani, Muncarno Muncarno

Abstract

The problem of research is the low PKn learning outcomes of grade IV SDN 1 Sidodadi Pekalongan students who still have not achieved the mastery learning value based on the KKM that has been determined that is 75. The purpose of this study was to determine a significant effect on the application of the cooperative learning model type make match student learning outcomes PKn The study population amounted to 43 students. This study uses a saturated sample technique with a total of 43 students. The data collection technique was carried out using a test technique, which had previously been tested for validity and reliability. The results showed that there was a significant effect on the implementation of the cooperative learning model make a match type on PKn learning outcomes with n-gain 0.68 included in the category of "Medium" indicated by the results of the calculation of the hypothesis test showing the value of Sig (2-tailed) 0,000 < 0.05.


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn peserta didik kelas IV SDN 1 Sidodadi Pekalongan yang masih banyak belum mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar PKn peserta didik. Populasi penelitian berjumlah 43 orang peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah 43 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar PKn dengan n-gain 0,68 termasuk dalam katagori “Sedang” ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji hipotesis menunjukkan nilai Sig(2-tailed) 0,000< 0,05.

Kata kunci: cooperative learning, make a match, PKn.

References

Apriyani. (2016). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make A Match dalam Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD 2 Wates, Jawa Timur. Jurnal Pedagogik, 2 (1), 2344-2532.

Artawa, K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran koopeatif tipe make a match terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Selat. Jurnal Pedagogik, 1 (1), 135-146.

Hanafy, M. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan, 17 (1), 66-79.

Masdiana, et al. (2013). Penerapan Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pada Lingkungan Siswa Kelas 1 SDN 081 Letawa Kecamatan Sarjo Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3 (2), 2354-614.

Miswandi. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PKn SD melalui Stategi Crossword Puzzle. Jurnal Pendidikan, 2 (2), 2598-2877.

Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3 (2), 2460-2345.

Parwata. (2014). Pengaruh Model Cooperative Learning tipe Make A Match berbantu Media Semi Konkret terhadap Hasil Belajar PKn SD Gugus Letkol Wisnu. Jurnal Pedagogik, 1 (2), 231-247.

Rusman. (2010). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada.

Sisdiknas. (2013). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Sulisworo, D. (2014). The Effect of Cooperative Learning, Motivation and Information Technology Literacy to Achievement. International Journal of Learning and Development, 2 (2). 2164-4063.

Sundari, H. (2015). Model-model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, 1 (2), 274-277.

Wiguna. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Di Gugus III Kecamatan Rendang. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1(2), 2631-2721.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.