Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik
Abstract
The problem of this research was the unavailability of scientific learning material of the fifth grade students in SD Negeri 5 Sukaraja. This research aimed to produce learning material in the form of scientific approach-based student work sheet in thematic learning of the fifth class. The research method used was the Research and Development (R&D). The population of this research was the whole fifth grade students of SD Negeri 5 Sukaraja. Data collection technique used were observation, interview, questionnaires, and documentation. The researcher used descriptive-qualitative technique to analyse the data. The result showed that the student work sheet developed was considered as a valid product by the expert validators and was interesting for both teacher and the students based on the scores of the response questionnaires about the student work sheet given.
Masalah dalam penelitian ini adalah belum tersedianya bahan ajar saintifik pada pembelajaran kelas V di SD Negeri 5 Sukaraja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 5 Sukaraja. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk LKPD yang dikembangkan pada penelitian ini dinyatakan valid oleh validator ahli dan menarik baik bagi pendidik maupun peserta didik berdasarkan skor dari angket respon terhadap produk LKPD yang diberikan.
Kata Kunci: bahan ajar, saintifik, tematik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hanifah dan Julia. (2014). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Membedah Anatomi Kurikulum 2013 untuk Membangun Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Gogoi. (2015). Importance’s of Teaching Learning Materials for Young Children. (International Journal of Current Research Vol. 7 Issue, 09, pp.20269-20273). India: Sarba Siksha Abhiyan.
Ibda. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektualita Vol 3. Nomor 1. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.
Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses
Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2017). Buku Guru Kelas V SD Revisi 2017 Tema 9 (Benda-benda di Sekitar Kita). Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2017). Buku Siswa Kelas V SD Revisi 2017 Tema 9 (Benda-benda di Sekitar Kita). Jakarta: Kemendikbud.
Khotimah. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tematik Berbasis Learning Cycle 5E Tema IV Kelas IV di SD (Tesis). Program Magister Keguruan Guru SD. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Laisaroh. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Anak dengan Pendekatan Saintifik pada Subtema Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku (Skripsi). Tasikmalaya: Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia.
Prastowo. (2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/ Madrasah. Jakarta: Penerbit Kencana.
Schijndel. (2018). Do Individual Differences in Children’s Curiosity Relate to Their Inquiry-Based Learning? International Journal of Science Education Vol. 40. The Netherlands: University of Amsterdam.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.