ubungan Pendidikan Karakter dan Kecedasan Emosional dengan Hasil Belajar PKn
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pendidikan karakter dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar PKn peserta didik kelas IV SD Negeri 10 Tegineneng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 54 peserta didik dan jumlah sampel diambil berdasarkan teknik proporsional stratified random sampling yaitu diperoleh 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert. Teknik analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment demikian. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil penelitian dapat disimpulkan ada hubungan antara pendidikan karakter dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar PKn kelas IV SD Negeri 10 Tigeneneng.
Kata kunci: Hasil, Kecerdasan Emosional,Pendidikan Karakter
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dalyono, M. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati, M. 2016. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Goleman,D. 2011. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kosasih, Nandang dan Dede Sumarna. 2015. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.
Rehman, Asifa & Kamal Haider. 2013. The Impact Of Motivation On Learning OfSecondary School Students In Karachi. Jakarta : Educational Research Internasional.
Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ruminiati. 2007. Pengembangan PKn SD. Jakarta: Depdiknas.
Sardiman, A.M. 2012. Motivasi dan Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman, A.M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun. 2016. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003.http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_20_03.htm.
Tim Penyusun. 2013. Statisika Untuk Penelitian.Bandung : Alfabeta.
Tim Penyusun. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada KTSP. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Yunus Abidin. 2014. Guru dan Pembelajaran Bermutu. Bandung : Rizki Pres.
Refbacks
- There are currently no refbacks.