ubungan Pendidikan Karakter dan Kecedasan Emosional dengan Hasil Belajar PKn

M. Septo Wahidin, Darsono Darsono, Nelly Astuti

Abstract

The purpose of this study was to find out relationship between character education and emotional intelligence of civic education learning outcomes for fourth grade students at SD Negeri 10 Tegineneng. The type of research used is correlational research. The population in this study was 54 students and the number of samples taken based on the proportional stratified random sampling technique that were obtained by 35 students. Data collection techniques used a questionnaire and collection instruments in the form of a questionnaire with a Likert scale. Data analysis techniques in hypothesis testing used the current evaluation formula, thus, which related to character education and emotional intelligence with learning outcomes of civic education fourth grade SD Negeri 10 Tegineneng. The result showed that there related the Character Education and Emotional Inteligence (EQ) with PKn Learning Outcomes.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pendidikan karakter dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar PKn peserta didik kelas IV SD Negeri 10 Tegineneng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional.  Populasi dalam  penelitian  ini  berjumlah  54 peserta didik dan jumlah  sampel  diambil  berdasarkan teknik  proporsional stratified random sampling yaitu  diperoleh 35 peserta didik.  Teknik  pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert. Teknik analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment demikian. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil penelitian dapat disimpulkan ada hubungan antara pendidikan karakter dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar PKn kelas IV SD Negeri 10 Tigeneneng.

Kata kunci: Hasil, Kecerdasan Emosional,Pendidikan Karakter

References

Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dalyono, M. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, M. 2016. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Goleman,D. 2011. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kosasih, Nandang dan Dede Sumarna. 2015. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Rehman, Asifa & Kamal Haider. 2013. The Impact Of Motivation On Learning OfSecondary School Students In Karachi. Jakarta : Educational Research Internasional.

Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ruminiati. 2007. Pengembangan PKn SD. Jakarta: Depdiknas.

Sardiman, A.M. 2012. Motivasi dan Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman, A.M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. 2016. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003.http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_20_03.htm.

Tim Penyusun. 2013. Statisika Untuk Penelitian.Bandung : Alfabeta.

Tim Penyusun. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada KTSP. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Yunus Abidin. 2014. Guru dan Pembelajaran Bermutu. Bandung : Rizki Pres.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.