Pengaruh Model Pembelajaran Inovatif Tipe Word Square Terhadap Hasil Belajar Tematik

Igga Pricilia, Darsono Darsono, Yulina H.

Abstract


This research aim to analysis the effect of model inovatif learning  type word square opposed to thematic learning result 5th grade elementary school 5 Central Metro. Kind of this research was experiment. Design of this research was non equivalent controul group design. Technique of data collecting was kognitif test. The data analyzed by using t-test pooled varians. Learning result of this research restricted to the kognitif result. The result of this research showing that there is significant effect between model inovatif learning type word square toward thematic learning result 5th grade elementary school 5 Central Metro with tcount > ttable as big as 2.830 > 2.000 (with α = 0,05).  Which is N-Gain experiment class acquired 0.55 and include to average category.


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inovatif tipe word square terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 5 Metro Pusat.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Populasi berjumlah 57 peserta didik dan seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian.Desain penelitian ini menggunakan non equivalent control group design.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan teknik tes. Analisis data menggunakan uji statistik t-test pooled varians. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif.  Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inovatif tipe word square terhadap hasil belajar tematik peserta didikkelas V SD Negeri 5 Metro Pusat dengan thitung> ttabel yaitu 2,830>2,000 (dengan α = 0,05),  Bahwa diperoleh N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,55 dan masuk ke dalam katagori “Sedang”.

Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran inovatif , word square.

References


Apria, Dea Resti. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantu Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Min 10 Bandar Lampung. (Skripsi). Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Junaidi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 5, No. 1. 1-14.

Lestari, Tia. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Word SquareTerhadap Hasil Belajar IPS Kelas III SD. JJPGSD. Vol. 1, No. 1. 1-10.

Mudyahardjo, Redja. 2008. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muriana, Alit. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Desa Tista Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1. 1-10.

Mursini, Tri. 2017. Pengaruh Model Word Square Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Negeri 36 Pontianak Kota. Jurnal UNTAN. Vol. 7, No. 1. 1-10.

Murda, I Nyoman. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Desa Tista Tahun Pelajaran 2013/2014. JJPGSD. Vol. 2 , No. 1. 1-13.

Prastyani, Ririn. 2017. Model Pembelajaran Word Square Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Keterampilan Menyimak Intensif.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Vol. 9, No. 3. 1-8.

Rifa’atul, Afifah. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran tipeWord Square terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Dharma Karya UT Pondok Cabe Tahun Pelajaran 2014/2015. (Skripsi). Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Rusman. 2015. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sa’diyah, Zumrotus. 2018. Pengaruh Model Word Square Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Madrasah Ibtidaiyah Karangdowo. Al Ulya Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 3, No. 2.142-151.

Sukandheni, Luh Putu. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Gugus Budi Utomo Denpasar Timur Tahun Ajaran 2013/2014. JJPGSD. Vol. 2, No. 1. 1-12.

Triana. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar. E-Theses. Vol. 7, No. 3. 1-7.

Uno, B. Hamzah, dkk. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.