Hubungan Perilaku Bullying dengan Kemampuan Interaksi Sosial Peserta Didik Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial peserta didik kelas V SD Negeri 6 Metro Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex-postfacto korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 85 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan rumus Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial peserta didik kelas V SD Negeri 6 Metro Barat. Hasil penelitian menunjukan adanya korelasi antara variabel X dan Y dengan hasil uji hipotesis sebesar 0,547 dan termasuk dalam interval koefisien 0,400 – 0,599 termasuk kedalam kategori sedang.
Kata kunci: kemampuan interaksi sosial, perilaku bullying, Peserta Didik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmadi, Ahmad. 2015. Ilmu Pendidikan Sosial. Jakarta: Pt Rineka Cipta.
Eldiorita, indri dan Layyinah. 2016. Effect of Social Competence and School Stress On Bullying Behavior In Adolescent. TAZKIYA Journal of Psychology Vol. 4 No. 1 April 2016.
Fatnar , Virgia Ningrum dan Choirul Anam, 2014. Kemampuan Interaksi Sosial antara remaja yang tinggal di pondok pesantren dengan yang tinggal bersama keluarga. Jurnal Fakultas Psikologi Vol. 2, No 2, Desember 2014
Kurnia. 2018. Perilaku Bullying Verbal pada Peserta Didik Kelas Ix Smp Lkia Pontianak. Jurnal pendidikan vol 4, No. 2
Kusumawati. 2017. Metode Bermain Peran Untuk Mengurangi Tindakan Bullying Verbal Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Volume 2, No. 2, Desember 2017.
Permatasry, Nur Rachma dan R. Indriyanto. 2015. Interaksi Sosial Penari Bujangganong Pada Sale Creative Community di Desa Sale Kabupaten Rembang.
Pratiwi, Regina Putri. 2016. Hubungan Perilaku Bullying dengan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Minomartani 6 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 2 Tahun ke-5 2016.
Putri, Mareski. 2018. hubungan kepercayaan diri dan dukungan teman sebaya dengan jenis perilaku bullying di mtsn lawang mandahiling kecamatan salimpaung tahun 2017. Jurnal pendidikan vol XII, No. 8
Riduwan. 2009. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.
Saraswati, Maretha Ayu, Dian Ratna Sawitri. 2015. Konsep diri dengan kecenderungan bullying pada siswa kelas xi smk . Jurnal Empati, oktober 2015, volume 4(4), 60-65
Sejiwa. 2008. Bullying Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: Grasindo.
Sisdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sucipto. (2012). Bullying dan Upaya Meminimalisasikannya Bullying and Efforts to Minimize.Jurnal Prodi BK FKIP Universitas Muria Kudus. Psikopedagogia, Vol. 1, Juni 2012.
Sukmawati, Pitri. 2018. Bulliying Di Media Sosial: Potret Memudarnya Empati. Jurnal Pendidikan.
Tawalujan dan Aprilia Eunike. 2018. Hubungan Bullying Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Di Smp Negeri 10 Manado. e-journal Keperawatan (e-Kp) Volume 6 Nomor 1, Mei 2018.
Zakiyah , Ela Zain. 2017. Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Jurnal Penelitian & PPM. Vol 4, No: 2.
Refbacks
- There are currently no refbacks.