Pengaruh Model STAD Menggunakan Media Grafis terhadap Hasil Belajar

Usmirawati Usmirawati, Sarengat Sarengat, Alben Ambarita

Abstract

This study aims were to analyze and find out the positive and significant influences on the STAD model and graphic media on the students' thematic learning outcomes. This type of research way an experiment with a non equivalent control group design research design. The population of this research way the class V students of SD Negeri 1 Metro Barat, amounting to 40 students. Determination of research samples using saturated samples, where all members of the population used as samples. The data collection techniques were carried out by test techniques. Hypothesis testing results using multiple regression formulas obtained data t count> t table (3.539> 1.686) means Ha is accepted. The results of the study that there were a positive and significant influence on the STAD model by using media graphic on the thematic learning outcomes of class V students of SD Negeri 1 Metro Barat.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh positif dan signifikan pada model STAD dan media grafis terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Barat yang berjumlah 40 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi ganda diperoleh data thitung > ttabel (3,539>1,686) berarti Ha diterima. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model STAD dengan menggunakan media grafis terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Barat.

Kata kunci: hasil belajar, media grafis, STAD

References

Arbaatin, Nur. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkat kan Hasil Belajar Tema Permainan Pada Siswa Kelas 1 SDN Mojogeneng Mojokerto. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.3, No. 2. 628-641.

Fitrina, 2013. Pengaruh Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 36 Pontianak Selatan. Jurnal pendidikan dan pembelajaran khatulistiwa.Vol 2, No 2.1-14.

Lubis, Asneli. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Pokok Gerak Lurus di Kelas X SMA Swasta UISU Medan. Jurnal Penelitian. Vol 1, No 1. 27-31.

Majid, Abdul. 2014.Pembelajaran Tematik Terpadu. PT. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maretiyassari, intan. 2015. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keterampilan menulis ekspositori bagi siswa kelas 4 SDN kintelan mojokerto. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 3, No 2. 1753-1765.

Nikma, Erlita Hidaya. 2013. Model Pembelajaran Student Teams Achievment Division (STAD), Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan. Diambil dari https://docplayer.info/40588565-Model-pembelajaran-student-teams-achievement-divisions-stad-keaktifan-dan-hasil-belajar-siswa.html.

Ningrum, elwien sulitya. 2015. Implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar. Jurnal pendidikan. Vol. 24, no. 5, 416-423.

Nugroho, Okay Wasrik Dwi. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STSD Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata pelajaran IPS pada Siswa Kelas V SD N Karang Duren. Jurnal penelitian. Diambil dari http://eprints.uny.ac.id/12986/1/Skripsi%20Oky%20Wasrik%20Dwi%20Nugroho.pdf

Pratiwi, Wahyuningrum. (2016). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievment Division (STAD) dan Group Investigation (GI) ditinjau dari Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Kasihan Bantul. Jurnal pendidikan. Diambil dari http://repository.upy.ac.id/189/.

Purwanto, M. Ngalim. 2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya Offset.

Simarmata, Usler. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Listrik Dinamis di Kelas X SMA. Jurnal penelitian. Vol 2, No 1. 173-180.

Sisdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suandi, Muhamad Sahdan. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Ips Dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Jerowaru Lombok Timur. Jurnal pendidikan. Vol. 3, No 1-8.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yasir, muhamad. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Stad Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi. Jurnal pendidikan. Vol. 2, no 1. 53-65.

Zulkamain, mochamad iskandar. 2015. Pengaruh penggunaan media grafis terhadap hasil belajar siswa tema tempat tinggalku di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan guru sekolah dasar. Vol. 3, no 2. 1104-1114.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.