Hubungan Pendidikan Informal dan Pemberian Motivasi dengan Hasil Belajar Tematik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pendidikan informal dan pemberian motivasi belajar oleh orang tua dengan hasil belajar. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 79 orang peserta didik dan semua populasi dijadikan sampel penelitian. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan informal dan pemberian motivasi belajar oleh orang tua dengan hasil belajar tematik peserta didik ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,501 berada pada taraf “Cukup Tinggi”.
Kata kunci: hasil belajar tematik, motivasi belajar, pendidikan informal.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aliyah, Nur Istiqomah. (2017). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 8 Tahun ke- 6.
Apriyanti, Puspita. 2014. Hubungan Pendidikan Informal dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 60 Kota Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Ariani, Trisna. (2016). Gaya Mengajar Guru Kelas V Di SD Negeri Sayidan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 16 PP 1.572-1.583.
Deswita, Atika Prama. (2012). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Gaya Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Akun-tansi pada Program Keahlian Akuntansi Siswa Kelas X Di Smkn 1 Sawahlunto. Journal of Economic and Economic Education. Vol. 2 No.1.
Dimiyanti, Mudjino. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Indriani, Ari. 2014. Pengaruh Moti-vasi Belajar Siswa Kelas V terhadap Prestasi Belajar Mate-matika di Sd Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabu-paten Blora. Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro.
Najichun, Mohamad. 2016. Hubung-an Persepsi Siswa Tentang Pendidikan Informal dengan Hasil Belajar Mate-matika. Jurnal Psikologi Undip. Vol.15 No. 2.
Nursyaidah. 2015. Gaya Mengajar Guu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Thariqah Ilmiah. Vol. 02. No. 02.
Nurjanah, Santi. 2018. Analisis Pendidikan Informal Terhadap Hasil Beajar Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkan-toran. Vol.2_No.1.
Purwanto, Ngalim. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.
Setiadi, Bagus Ariawan. 2012. Hubungan antara Persepsi terhadap Gaya Mengajar dengan Motivasi Berprestasi pada Mata Pelajaran Mate-matika di SMA Negeri 5 Semarang. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.
Setianingrum, Dwi. 2017. Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar IPA MI Ma`Arif NU Sanguatang Purbalingga. Jawa Tengah: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Sisdiknas. 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sirtem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Susanti, Susi. 2015. Pemberian Motivasi Belajar Kepada Peserta Didik sebagai Bentuk Aplikasi dari Teori-Teori Belajar. Jurnal PPKn dan Hukum. Vol. 10. No.2.
Susanto. 2013. Pengaruh Lingkungan Pendidikan Peserta Didik ter-hadap Hasil Belajar Di Sek-olah. Vol. 04. No. 06.
Triatma, Ilham Nur. 2016. Pendi-dikan Informal pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan Vol. 05 Nomor 6.
Refbacks
- There are currently no refbacks.