Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar

Ning Intan Lestari, Herpratiwi Herpratiwi, Erni Erni

Abstract

The problem in this study is the low learning outcomes of students in thematic learning at SDN 5 Jatimulyo. This study aims to determine the effect of the application of the Problem Based Learning model to the thematic learning outcomes of grade IV students. The method used in this study is a quasi-experimental research design with a non equivalent control group design. The instruments in this study were tests and non-tests. The population of this study was 62 students of grade IV SDN 5 and SDN 3 Jatimulyo. The sample of this study was grade IVA students, the number of samples used was 25 students obtained through purposive sampling technique. Data were analyzed using t test and simple linear regression. The results obtained can be concluded that there is an influence of the application of the Problem Based Learning learning model to the thematic learning outcomes.


Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di SDN 5 Jatimulyo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan non-tes. Populasi penelitian ini adalah 62 peserta didik kelas IV SDN 5 dan SDN 3 Jatimulyo. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A ,jumlah sampel yang digunakan sebanyak 25 peserta didik yang diperoleh melalu teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dan regresi linear sederhana. Hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik.

Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran tematik, problem based learning.

References

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., Anugraheni, I. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika. 83 : 3 : 166-188.

Fathurroman, Muhammad. 2006. Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Ar-ruzz Media, Jakarta

Giarti, S. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Terintegrasi Penilaian Autentik Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Bengle, Wonosegoro. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 32 : 1 : 69-77.

Mulyani, Sri. 2018. The Effect Of Guide Inquiry Learning Model and Scientiefic Performance on Student Learning Outcomes. Indonesian Journal of Selence and Education. 20 : 4 : 452-269.

Ngatiatun, S. 2013. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Dikdaktika Dwija Indria. 1 : 5 : 249-561.

Pradnyana, P. B., Marheni, A, Candiasa, I. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 1 : 2 : 17-21.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta, Bandung.

Wulandari, B., Surjono, H. D. 2013. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 3 : 2 : 225-234.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.