Hubungan Intensitas Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
The problem in this research was the low learning outcomes of student’s on grade V in elementary school 2 Beringin Raya academic year 2018/2019. The aim of this research was finding out the positif correlation between intensity of learning and the learning outcomes. Types of this research was quantitative and corerelational research. Population in this research was the student’s grade V in elementary school 2 Beringin Raya. Sample of this research was 87 respondents. The technique that used for taking sample was purposive sampling technique. The technique collecting data in this research used questionnaire and documentation. The technique analysis data used product moment correlation. The result shows that there is a positif correlation between intensity of learning and the learning outcomes of class V student’s in elementary school 2 Beringin Raya academic year 2018/2019.
Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar kelas V SD Negeri 2 Beringin Raya tahun ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara intensitas belajar dengan hasil belajar Matematika. Jenis penenlitian adalah jenis penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Beringin Raya. Sampel dalam penelitian ini adalah 87 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara intensitas belajar peserta didik dengan hasil belajar Matematika peserta didik kelas V SD Negeri 2 Beringin Raya tahun ajaran 2018/2019.
Kata kunci: hasil belajar matematika, intensitas belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anni, Catharina. 2012. Psikologi Belajar. Semarang: Unes Press.
Djamarah, Syaiful. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Dimyati, & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Surahman, Tepuk. 2014. Kontribusi Perhatian Orang Tua dan Intensitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Kecamatan Ambal. (Skripsi). Universitas Negeri Surabaya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.